5 Des 2021

Rakerda IPHI Berlangsung Lancar


TANAIKARIMUN.COM, KARIMUN- RAPAT Kerja Daerah (Rakerda) IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun ke-1 Tahun 2021 yang dilaksanakan di Balai Haji, Tebing Karimun, Sabtu (04/12/2021) berjalan dengan aman dan lancar. Diikuti oleh seluruh Pengurus Daerah (PD) IPHI Kabupaten Karimun dan perwakilan PC (Pengurus Cabang) IPHI Kecamatan se-Kabupaten Karimun, Rakerda dibukan oleh Sekda Kabupaten Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, MSi mewakili Bupati Karimun. Bupati pada jam yang sama juga ada agenda acara lain bersama Gubernur Kepri.

Ikut hadir pada acara pembukaan yang tertunda beberapa menit dari waktu yang tertera di undangan, itu antara lain Ketua PW (Pengurus Wilayah) IPHI Provinsi Kepri yang diwakili oleh Sekretaris Umum, Drs. H. Tarmidi. Juga ikut para penasihat IPHI Kabupaten Karimun dan beberapa orang pejabat seperti beberapa orang pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), camat dan lain-lainnya. Ruangan Gedung Balai Haji, itu tampak memutih oleh para peserta dan undangan pagi ini.

Prosesi acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci alquran oleh H. Muhammad Abd. Wahid, menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya, lagu Mars Karimun serta lagu Mars IPHI lalu berturut-turut acara selanjutnya adalah pidato dan sambutan. Pidato pertama berupa laporan oleh Ketua Panitia Pelaksana yang disampaikan oleh H. Samsuddin. Dalam laporannya Pak Sam, begitu dia dipanggil menyampaikan beberapa hal, antara lain ucapan terima kasih keapda Pemerintah Daerah yang memberikan support materi dan non materi. Terima juga kepada Ketua IPHI Kabupaten yang memberu kepercayaan serta terima kasih kepada para panitia yang sudah bekerja keras untuk pelaksanaan Rakerda.

Pak Haris Fadillah, Ketua IPHI Kabupaten yang berpidato setelah itu menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemda Karimun yang memberikan bantan dana untuk kegiatan IPHI. Juga disampaikannya tentang berkurangnya aktivitas IPHI selama covid. "Meskipun ada kegiatan yang tak dapat dilaksanakan disebabkan covid-19, namun aktivitas IPHI boleh dikatakan tetap berjalan, menyesuaikan dengan keadaan."

Pidato ketiga disampaikan oleh pengurus PW IPHI Provinsi, Pak Tarmidi. Setelah menyampaikan salam dan maaf Ketua IPHI Provinsi, Pak Arif Fadillah, dia menyampaikan beberapa pesan yang katanya itu merupakan pesan dari Pak Ketua IPHI. Dia menyatakan kebanggaannya dan rasa terima aksih atas kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh IPHI Karimun. "Dari tujuh kabupaten/ kota di Kepri baru Karimun yang melaksanakan Raker pada tahun ini," katanya. Ditambahkannya, "IPHI Kabupetan Karimun adalah IPHI paling giat menurut penilaian kami di Provinsi. Kalau ada lomba IPHI tergiat, maka Karimunlah yang akan menjadi pemenangnya," jelasnya. Pernyataan ini disambut tepuk tangan oleh hadirin.

Sebagai organisasi para haji-hajjah, maka IPHI perlu penguatan. Rakerda ini, kata Pak Tarmidi akan menjadi forum resmi untuk melahirkan program terbaik dan perioritas untuk penguatan IPHI ke depan. Kekompakan yang sudah terjalin hendaklah terus dijaga. Begitu dia memberikan pesan kepada pengurus IPHI Kabupaten Karimun.

Sementara Pak Sekda yang berpidato mewakili bupati meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti Rakerda ini dengan baik. Dia mengulas pidato dari PW IPHI, dari Ketua PD IPHI yang sudah banyak menyampaikan pesan. "Saya yakin semua yang disampaikan oleh tiga orang sebelumnya adalah pesan yang penting buat kita semua. Saya hanya mengingatkan satu hal, ialah silaturrahim. Teruslah kita jaga silaturrahim," pintanya. Pak Sekda juga mengingatkan moto IPHI, 'IPHI berkhidmat untuk umat' yang disampaikan Ketua Panitia, agar moto itu benar-benar dapat dilaksanakan oleh para haji-hajjah. "Tiga hal ingin saya ulang sampaikan, ibadah, dakwah dan ekonomi adalah hal penting secara langsung terdapat dalam kegiatan IPHI.

Selanjutnya Pak Sekda membuka secara resmi Rakerda IPHI ini. "Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, Rakerda IPHI ke-1 Tahun 2021 saya nyatakan dibuka dengan resmi." Lalu dia mengetok mik sebanyak tiga kali. Dia pun mengakhiri pidato sambutan dan pengarahannya.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Komentar