2 Jan 2022

dr. Reinita Arlin: Tips Redakan Asam Lambung


SIAPA saja bisa terkena asam lambung. Itu, kata dokter atau para pakar kesehatan. Kita, para guru juga, bisa terkena. Tapi dokter juga memberikan solusi atau cara bagaimana menghindarinya. Dan jika sudah terkena, bagaimana cara meredakannya, dokter pula yang memberikan jawabannya. 

Seperti ditulis dalam sebuah tulisan singkat berjudul, "dr. Reinita Arlin: Asam Lambung atau GERD Hilang Seketika dengan Lakukan 7 Cara Ini untuk Meredakannya," yang dimuat situs hijinews.id hari Kamis (30/12/2021) lalu, dokter Reinita menjelaskan ada 7 (tujuh) cara cepat untuk meredakan asam lambung atau GERD. 

Dalam tulisan itu dikatakan bahwa penderita asam lambung atau GERD akan mengalami kesusahan jika kambuh secara tiba-tiba. Sudah tentu dapat mengganggu aktivitas bagi orang yang menderitanya. Adapun gejala yang dirasakan biasanya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan, nyeri, mual, dan lain-lain.

Kata artikel itu lagi, jika naiknya asam lambung terjadi secara tiba-tiba tanpa peringatan, maka penderitanya harus paham dan mengetahui cara meredakannya. Lalu bagaimana? Ada 7 (tujuh) cara cepat mengatasi asam lambung yang bisa dilakukan di rumah, yakni:

1. Duduk dengan Posisi Rileks;

Ketika asam lambung naik, jangan berbaring karena akan menyebabkan refleks dari asam lambung semakin banyak. Yang harus dilakukan adalah duduk dengan posisi 30-45 derajat dengan bersandar.

2. Jangan Stres/Panik:

Ketika asam lambung atau GERD kambuh, jika stres atau panik hanya akan membuat asam lambung lebih naik lagi. Dan menyebabkan rasa nyeri di ulu hati akan semakin bertambah. Jadi, jangan stres atau panik.

3. Longgarkan Pakaian;

Cara selanjutnya yaitu longgarkan seluruh pakaian yang menempel dengan ketat terutama di area perut dan dada. Untuk wanita, longgarkan juga pakaian dalam. Jangan lupa longgarkan ikat pinggang, kancing baju, dan semua yang menempel pada badan agar badan rileks.

4.Atur Nafas dengan Baik;

Untuk meredakan asam lambung yang kambuh secara tiba-tiba prinsipnya yaitu harus rileks supaya asam lambung tidak semakin naik lagi.

5. Minum Air Hangat;

Cara selanjutnya yaitu boleh minum air hangat, tapi sedikit demi sedikit. Karena jika minumnya terlalu banyak akan merangsang refleks muntah.

6. Hindari Minum Minuman yang Bisa Merangsang Asam Lambung Naik:

Contohnya teh, kopi, atau jus buah. Karena ada beberapa buah yang mengandung vitamin C, sifatnya asam. Sehingga akan meningkatkan asam lambung lagi.

7. Boleh Makan Makanan yang Lunak;

Boleh memakan makanan yang konsistennya lebih lunak ketika asam lambung sedang kambuh. Contohnya pisang atau bubur. Jika tidak ada makanan-makanan lunak, bisa dengan makan permen karet. Karena dengan mengunyah permen karet akan merangsang air liur semakin banyak. Air liur yang masuk ke lambung akan menetralisir asam lambung.

Tujuh tips yang disampaikan dokter sebagaimana diposting hajinews.id itu boleh jadi berguna buat kita yang membacanya. Kita tidak tahu, apakah suatu saat kita akan merasakan penyakit naiknya asam lambung. Semoga saja tidak.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar