18 Januari, 2022

Pengurus Baru LPTQ Ditetapkan


SETELAH Musda (Musyawarah Daerah) LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kabupaten Karimun, Desember 2021 lalu, inilah lanjutan hasil Musda tersebut. Salah satu produk Musda waktu itu adalah penetapan Tim Formatur Pemerintah untuk memilih dan menetapkan kepengurusan LPTQ masa bakti 2022-2026 setelah kepengurusan masa bakti 2017-2021 habis masa tugasnya. Musda mengamanahkan kepada pemerintah (Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Asisten I dan Kakankemenag) untuk menunjuk dan menetapkan pengurus baru.

Malam ini, Senin (17/01/2022) bakda isya bertempat di Rumah Dinas Bupati berkumpul para anggota Tim Formatur untuk melaksanakan rapat pembentukan pengurus LPTQ baru (2022-2026) itu. Diundang juga para pengurus LPTQ periode sebelumnya sebagai peserta rapat.

Tepat pukul 20.30 rapat dibuka oleh Bupati, H. Aunur Rafiq. Duduk di kursi sofa di ruang depan Rumah Dinas menghadap arah laut, bupati didampingi Wakil Bupati, H. Anwar Hasyim di sebelah kanannya dengan arah yang sama, sementara di sebelah kirinya (menyamping ke arah barat) duduk Sekda Kabupaten Karimun, H. M. Firmansyah. Kakankemenag duduk di sebelah Sekda dengan arah yang sama sementara Asisten, M. Tang duduk di sebelah kanan Wabup (menyamping menghadap timur). Undangan lainnya duduk menyesuaikan dengan formasi kursi yang sudah disediakan dengan leter U. 
 
Bupati menyampaikan tujuan rapat malam ini, yaitu pembentukan kepengurusan LPTQ periode 2022-2026 sesuai amanah Musda LPTQ yang diselenggarakan dua bulan lalu. "Malam ini Tim Formatur akan melaksanakan tugas, memilih pengurus LPTQ. Jadi, kami berlima akan rapat dulu di sini," jelasnya. Para peserta (undangan) lain di luar tim diminta bergeser duduk ke ruang tengah Rumah Dinas terlebih dahulu hingga tim selesai melaksanakan rapat.

Hanya 20-an menit. Para peserta yang tadi duduk di ruang tengan Rumah Dinas kembali diminta duduk ke bagian depan. Dan bupati menyampaikan hasil rapat Tim Firmatur. Dia mengatakan, Ketua Harian untuk periode berikutnya adalah H. Muhammad Syamsul Arif. "Maaf, Pak Rasyid, kita regenerasi dengan meminta Pak Arif sebagai Ketua Harian. Tapi Pak Rasyid tetap di dalam dengan Wakil Ketua Harian," katanya menyampaikan penjelasan. M. Rasyid Nur adalah Ketua Harian periode 2017-2021.

Setelah itu disampaikan juga Sekretaris Harian dengan mengumumkan nama Fahrul Rozi menggantikan Suhardi. Bupati juga mengumumkan nama Amirullah Putra sebagai Wakil Sekretaris Harian yang pada sturktur sebeleumnya tidak ada Wakil Sekretaris Harian. Sedangkan bendahara, katanya nanti diminta Ketua Umum dan Kabag Kesra bersama Ketua Harian yang terpilih untuk berembuk memilih siapa bendahara yang tepat. "Karena ini menyangkut uang, saya minta Pak Ketua Umum, Kabag dan Ketua Harian berembuk dulu menentukan siapa yang akan ditunjuk sebagai Bendahara Harian," katanya.

Dengan penunjukan itu, berarti kepengurusan LPTQ Kabupaten Karimun segera akan rampung dengan melengkapkan beberapa tempat yang masih kosong. Kepada Ketua Harian yang dipercaya, Bupati Karimun meminta untuk membicarakan dengan Kabag Kesra dan Ketua Umum LPTQ untuk kelengkapan pengurus lainnya. Bupati juga berharap agar pengurus LPTQ dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya. Sebelum ditutup, bupati membuka ruang untuk diskusi dan tanya jawab. Rapat berakhir pukul 22.00 yang dilanjutkan dengan istirahat sambil menyantap sate yang sudah disedikan.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: