24 Januari, 2022

Pertemuan Bulanan Ishaka Terkadang Tertunda


PERTEMUAN bulanan Ishaka Satu Empat Dua Tujuh bulan Januari 2022, ini adalah Pertmuan Bulanan Ketiga periode 2021-2022. Sejak pertama kali diadakan di tahun 2007 Ishaka (Ikatan Silaturrahim Haji dan Keluarga) Satu Empat Dua Tujuh (Ishaka 1427) tahun ini berarti sudah memasuki tahun ke-13 usianya. Anggota Ishaka adalah para haji-hajjah yang melaksanakan ibadah haji pada musim haji 1427 atau 2006/2007. Waktu itu kebetulan musim hajinya jatuh di akhir tahun 2006 menjelang 2007. Seolah berhaji dalam dua tahun. Istimewanya dikatakan Haji Akbar karena wukufnya bertepatan hari Jumat.

Rombongan haji yang terdiri dari regu yang anggotanya kebetulan mayoritas bertempat tinggal di Pulau Karimun sepakat membuat semacam kelompok silaturrahim dengan agenda kegiatan pertemuan setiap bulan. Dengan Ketua Rombongan Pak H. Supardi dan Ketua Regu Pak Gap, waktu itu para anggota sepakat membuat grup ini dengan ketuanya Pak H. Nurdang. Jadilah namanya Ishaka 1427. Dan sejak awal tahun 2007 itu pertemuan demi pertemuan diadakan setiap bulannya.

Belakangan, setelah sebagian anggota haji angkatan 1427 beberapa orang meninggal dunia, teman-teman yang masih ada mengusulkan dan sepakat untuk meneruskan kelompok silaturrahim ini dengan menawarkan para haji-hajjah tahun-tahun berikutnya menajdi anggota. Kini anggota Ishaka 1427 sudah tidak lagi semuanya para haji-hajjah angkatan 2006/2007. Sebagian sudah bertambah (berganti) dengan anggota haji-hajjah baru.
 
Ahad (23/01/2022) kemarin kembali dilaksanakan petemuan bulanan. Dilaksanakan di Cafe Hazel, milik anak HM. Yusuf. Pak HM. Yusuf sendiri adalah giliran tuan rumah untuk periode ini setelah namanya terpilih pada pertemuan sebelumnya. Namanya tercabut pada pertemuan kedua yang dilaksanakan pada 21 November 2021 lalu dengan Hj Masni sebagai tuan rumah. Tuan Rumah pertemuan adalah anggota yang namanya tercabut dalam pertemuan sebelumnya.

Satu hal yang menarik dari pertmuan bulanan ini adalah tidak kakunya jadwal pelaksanaan pertemuan bulanan dalam arti wajib di setiap bulan. Periode sekarang, misalnya dibuka pada bulan Oktober 2021 setelah periode sebelumnya berakhir. Di bulan Oktober pertemuannya terlaksana karena covid agak mereda. Begitu juga pertemuan bulan November. Tapi di bulan Desember, karena adanya Surat Edaran bupati berbarengan dengan menjelang natal dan tahun baru (Nataru) yang melarang adanya keramaian, maka pertemuan edisi Desember tidak dilaksanakan. Barulah Januari 2022 terlaksana.

Hal lain yang istimewa dari kelompok silaturrahim ini adalah kokohnya tekad anggota untuk terus menghidupkan silaturrahim dalam kelompok haji dan keluarga ini. Jika di IPHI sudah berjalan pertemuanan bulannya maka di kelompok yang beranggota 20 pasangan --suami/isteri-- ini juga aktif melaksanakan pertemuan silaturrahim. Semoga silaturrahim terus berjalan dengan baik dan lancar meskipun terkadang pertemuannya tertunda sesuai dengan keadaannya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: