12 Feb 2022

Sembari Puasa Iringi Amal Lainnya




JUMAT berkah, mari mencari berkah. Hari mulia diantara hari-hari yang ada. Mari bincangkan sedikit tentang bulan mulia pula. Rajab 1443 yang sudah bersama kita sejak awal Februari 2022 lalu layak kita ulang baca kemuliaannya. Sebagai salah satu bulan dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah, tidak berlebihan kita kenang ulang beberapa ibadah yang perlu tetap dilaksanakan di bulan ini.

Banyak buku dan tulisan mengulas perihal amalan-amalan yang baik untuk diamalkan pada bulan Rajab. Dengan sandaran alquran dan hadits para ulama dan cendekiawan muslim saling berbagi informasi tentang beberapa amalan yang baik untuk diamalkan. Dalam ccatatan berjudul '4 Amalan saat Puasa Rajab, Lakukan Amalan Ini Sambil Berpuasa untuk Menambah Keberkahan di Bulan Rajab' yang diposting di laman suara.com (https://www.suara.com/news/2022/02/04/194617...) Jumat (04/02/2022) pekan lalu diingatkan kepada kita setidak-tidaknya ada empat amalan yang sejatinya kita amalkan.

Tulisan dengan kontributor Muhammad Zuhdi Hidayat, itu mengingatkan kembali kepada tentang empat amalan yang sebaiknya memang kita amalkan pada bulan ini. Sebagaimana sebagian kita sudah memahami bahwa bulan Rajab merupakan salah satu bulan dimuliakan Allah diantara empat bulan yang dimuliakannya. Di bulan ini pula ada berbagai amalan yang Allah janjikan pahalnya berlipat ganda. Sebutlah misalnya, mengerjakan puasa, membaca dzikir, bersedekah, memperbanyak sholawat, sholat sunnah dan berbagai ibadah sunnah lainnya. 

Puasa Rajab adalah salah satu amalan yang memiliki pahala yang besar yang ada di bulan Rajab. Puasa Rajab dapat kita kerjakan mulai dari tanggal 1 hingga 10 Rajab selain tentu saja puasa sunah Senin-Kamis, Puasa Ayyamul Bidh dan puasa Puasa qadha. Mengutip catatan suara.com di atas berikut empat amalan yang sebaiknya kita laksanakan dalam bulan mulia ini.

1. Memperbanyak Membaca Sholawat;

Selain berpuasa sebaiknya kita juga memperbanyak sholawat pada bulan Rajab ini.  Sholawat kepada nabi dapat dilaksanakan kapan saja baik pagi, siang, sore maupun malam. Doa harapan akan mendapatkan kemulaiaan dan keberkahan  Rajab selalu kita bacakan. “Allahuma barik lana fi rajaba wasya'bana waballighna ramadlana,” misalnya addalah doa yang harusnya selalu kita baca sehabis solat.

2. Memperbanyak Zikir kepada Allah Swt;

Amalan saat puasa Rajab yang dianjurkan untuk diperbanyak adalah membaca dzikir dan istighfar kepada Allah Swt. Kepada kita sudah diajarkan bahwa Allah senantiasa akan mempermudah setiap urusan hambanya dan mengangkat segala kesulitan yang dialami serta menghapus dosa-dosa di masa lalu, ketika hamba-Nya itu berusaha mendapatkannya. Berusaha artinya mengamalkan berbagai amalan yang baik itu.

3. Bersedekah;

Bersedekah di bulan haram dapat mengantarkan kita untuk mendapatkan pahala dan ridho dari Allah Swt. Sedekah dapat menjaminkan umat muslim mendapatkan bahagia dunia dan akhirat serta mendapatkan khusnul khotimah. Allah Swt juga akan melipatgandakan rezeki dan pahala bagi orang bersedekah.

4. Sholat Malam;

Memasuki bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak sholat sunnah seperti sholat sunnah rajab. Sholat sunnah rajab memiliki 10 rakaat dengan salam setiap dua rakaat. Berikut niat sholat sunnah rajab yang dapat dikerjakan.

Sesungguhnya ada banyak amalan lainnya yang juga dapat kita amalkan sebagai bentuk memuliakan bulan Rajab sekaligus mengambil manfaat untuk diri kita. Semoga Allah memberkahi setiap tindakan dan perbuatan ibadah kita serta mengabulkan doa-doa kita.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar