17 Feb 2022

Webinar untuk Ilmu dan Silaturrahim Bersinar


KEMBALI Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) melaksanakan webinar. Selasa malam adalah jadwal webinar bulanan yang selalu dihelat oleh YPTD. Dan Selasa (15/02/2022) malam ini adalah webinar untuk kesekian kalinya. Saya tidak mencatat sudah berapa kali YPTD melaksanakan webinar setiap Selasa malam. Tapi sudah sangat sering. Puluhan kali. 

Sebagai salah seorang member YPTD, komunitas yang bergerak di bidang literasi, ini saya selalu dipelawe oleh founder YPTD, Bapak Thamrin Dahlan untuk ikut webinar. Dan saya akan ikut selama pada waktu itu memang tidak ada kegiatan lain yang lebih penting. YPTD sendiri sejak lahir dua tahun lalu rutin menghelat webinar pada hari dan jam yang sama. Agenda pokoknya adalah Webinar Bedah Buku Terbitan YPTD.

Sebagai sebuah yayasan non profit yang berkecimpung di bidang literasi, khususnya penerbitan buku dan penyediaan website keroyokan untuk praktik tulis-menulis YPTD gencar mrmpromosikan yayasan ini kepada masyarakat yang ingin menulis dan menerbitkan buku. Satu tahun pertama berdirinya YPTD bahkan YPTD menggratiskan biaya penerbitan buku kepada semua membernya. Syaratnya hanya ada naskah untuk buku dan sudah menulis minimal 10 postingan di webste YPTD, terbitkanbukugratis.id yang dikelola YPTD. Kebijakan ini disambut baik oleh para member dan di tahun pertama itu YPTD sukses menerbitkan buku sebanyak 300-an judul.

Buku-buku terbitan YPTD itulah yang secara rutin setiap bulan disediakan waktunya oleh YPTD untuk dibedah. Dan waktu itu adalah setiap Selasa malam. Hanya, perkembangannya tidak lagi semata agenda bedah buku yang mengisi waktu webinar YPTD. Topik-topik lain juga dilaksanakan dalam webinar-webinar YPTD. Seperti malam ini, tema webinarnya adalah Optimasi Website YPTD


Bagi saya dan sebagian besar peserta webinar, tentu saja ini adalah momen terbaik dapat selalu ikut webinar YPTD. Selain menambah ilmu sudah pasti dengan webinar ini akan terjalin silaturrahim antar peserta webinar. Peserta webinarnya sendiri tidak selalu hanya para anggota member YPTD. Karena sifatnya terbuka, maka undangan webinar YPTD bisa sampai kepada siapa saja. Maka pesertanya pun bisa siapa saja. Tidak ada syarat khusus untuk mengikuti webinar di sini. Jumlah peserta pun selama ini tidak/ belum pernah dibatasi.

Pengetahuan yang didapatkan malam ini adalah tentang cara mengoptimalkan keberadaan sebuah website, khususnya webiste YPTD, terbitkanbukugratis.id yang dalam dua tahun sejak lahirnya ternyata mengalami perkembangan yang begitu pesat. Menjadi narasumber pada webinar ini adalah Rudi Nofindra, M. TPD yang merupakan seorang pakar IT, khususnya bidang website ini. Dia memberikan secara detail bagaimana menjadikan website sebagai media informasi sekaligus menjadi ladang bisnis. Website yang terkelola dengan baik akan dikunjungi oleh orang ramai. Itu akan membuka peluang masuknya iklan yang akhirnya akan mendatangkan uang.

Bagi saya dan mungkin sebagian peserta yang masih awam perihal website, satu hal penting dalam webinar ini adalah terjalinnya hubungan silaturrahim yang akrab antara satu orang dengan lainnya. Jarak tempat tinggal yang berjauhan tidak menjadi alangan untuk berakrab-akrab-ria sesama peserta. Oleh karena itu betapa ruginya jika kesempatan untuk menambah ilmu dan memperkuat silaturrahim ini disia-siakan begitu saja.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar