28 Mar 2022

Catatan Kegiatan MTQ Kabupaten Karimun 2022 (1)



Pelantikan Dewan Hakim

KEGIATAN dan pelaksanaan MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) Tingkat Kabupaten Karimun XIV Tahun 2022 bersamaan 1443 H diawali dengan pelantikan Dewan Hakim (DH) sebanyak 39 orang pada hari Jumat (25/03/2022) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. Pelantikan DH dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun.

Pada kesempatan pengukuhan DH, itu Sekda Kabupaten Karimu, Dr. H. Muhammad Firmansyah, MSi yang mewakili Bupati mengatakan, peran hakim yang sangat menentukan dalam pelaksanaan MTQ ini. Para hakim lomba alquran akan menentukan kualitas qori dan qoriah, hafiz-hafizoh, mufassir-mufassiroh dan peserta lain yang akan tampil pada MTQ ini. Kata Pak Sekda, nantinya para juara yang diperoleh pada MTQ Kabupaten Karimun ini, akan menjadi utusan untuk mewakili kafilah Kabupaten Karimun pada MTQ tingkat Provinsi Kepri tahun 2022 ini. Maka perlu jaminan kualitas peserta itu, katanya mengingatkan DH dalam pengarahannya.

“Meskipun pelaksanaan MTQ tahun ini dilakukan secara sederhana, tapi yang terpenting adalah kualitas qori dan qoriah kita,” ujar Firmansyah mengingatkan. Para DH tentu saja haruslah bekerja maksimal untuk menentukan para peserta yang akan menjadi duta kabupaten pada ajang MTQ Tingkat Provinsi IX yang akan dilaksanakan pada bulan Juni  yang akan datang. MTQ ke-9 Tingkat Provinsi Kepri akan dihelat di Kabupaten Kepulauan Anambas. Itu informasi dari LPTQ Provinsi Kepri.

Pada saat memberikan pengarahan, itu Firmansyah berpesan kepada para hakim yang telah dilantik, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, jujur dan penuh tanggung jawab. Dari sumpah yang dibacakan kiranya dapat ditanamkan di dalam diri, sehingga ketika melakukan penilaian kepada para qori dan qoriah, memang dilakukan secara profesional sesuai tugas dan fungsi dari dewan hakim. “Maka dari itu tanggungjawab dari dewan hakim dituntut, agar menghasilkan qori dan qoriah berkualitas,” pesannya berulang-ulang.

Melalui MTQ Kabupaten Karimun XIV ini, Firmansyah berharap munculnya sebuah gambaran positif untuk Kabupaten Karimun, dalam mengikuti MTQ Provinsi Kepri nanti. Maksud Pak Sekda Kafilah Kabupaten Karimun hendaknya mampu merebut juara di tingkat Provinsi Kepri. Sekda mengingatkan bahwa Karimun selalu mampu berprestasi sebagai Juara Umum pada helat MTQ di tingkat provinsi. Itu pula yang diharapkan Sekda saat pelantikan DH ini.

Dari Ketua LPTQ diperoleh informasi bahwa cabang-cabang yang diperlombakan pada MTQ yang akan dibuka Sabtu (26/03/2022) oleh bupati antara lain, Cabang Seni Baca Alquran (tilawah) dengan golongan antara lain, Tartil Al-Qur’an, Tilawah Al-Qur’an golongan ana-anak, remaja dan dewasa. Golongan tunanetra qira’at Al-Qur’an mujawwad dan qira’at Al-Quran murattal --remaja dan dewasa--  tidak dilombakan di kabupaten. Hanya di provinsi saja. Lalu ada cabang hafalan Quran (tahfizh) satu juz dan tilawah, lima juz dan tilawah, hafalan 10 juz, hafalan 20 juz dan hafalan 30 juz serta tafsir Bahasa Arab, tafsir Bahasa Indonesia dan tafsir Bahasa Inggris.

Ada juga cabang khath atau kalighrafi dengan golongan naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer yang tidak dilombakan pada MTQ Kabupaten ini. Begitu juga cabang karya tulis ilmiah alquran. Sementara cabang syarhil Quran dan fahmil Quran putra dan putri tetap dilombakan. "Kekebtulan beberapa kafilah kecamatan juga mengirimkan peserta cabang ini," kata panitia MTQ yang juga pengurus LPTQ Kabupaten Karimun. Acara pelantikan Dewan Hakim diakhiri dengan foto bersama antara para hakim alquran ini dengan pejabat yang hadir.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar