11 Mar 2022

Menjaga Ginjal, Menghindari Cuci Darah


KESEHATAN adalah dambaan semua orang. Hidup sehat akan penuh manfaat. Maka apapun cara selalu dilakukan untuk memelihara kesehatan. Sedihnya masih banyak atau masih ada diantara kita yang terkadang lalai dalam memelihara dan menjaga kesehatan. Dan setelah menderita sakit, barulah ada penyesalan. 

Penyakit gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita orang. Sebagai salah satu organ vital dalam tubuh ginjal begitu penting perannya dalam kehidupan kita. Maka memelihara dan merawat ginjal menjadi hal sangat penting dalam kehidupan kita. Bagaimana memelihara dan merawat ginjal, adalah hal penting untuk kita pahami. Dalam tulisan berjudul Cukup Lakukan 1 Hal Ini! Gagal Ginjal Bakal Sembuh Total, Tanpa Cuci Darah Seumur Hidup yang dimuat di laman hajinews.id pada hari Kamis (10/03/2022) kemarin dijelaskan bagaimana sebaiknya kita merawat ginjal kita.

Salah satu hal penting dalam merawat ginjal adalah dengan mencukupi nutrisinya. Jika nutrisi ginjal tidak tercukupi, maka besar kemungkinan ginjal akan mengalami kerusakan. Kekurangan nutrisi ginjal saja sudah cukup berbahaya buat ginjal. Kondisi itu akan membuat ginjal tidak bekerja dengan baik.  Nauzubillah.

Pesan artikel sangkat itu, jika kita telah memiliki status gagal ginjal maka ini bisa meningkatkan risiko yang mengharuskan kita untuk melakukan cuci darah. Sebagai alat yang diciptakan Tuhan untuk memfilter darah dan lain-lainnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan maka fungsi ginjal itu tidak boleh tergannggu alias berstatus gagal ginjal. Gagal ginjal artinya fungsi ginjal harus digantikan oleh benda lain. Di sinilah kita diharuskan mencuci darah dengan menggunakan alat lainnya. 

Mengutip tulisan itu, kita ternyata tidak perlu khawatir sebab ada satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan gagal ginjal. Menurut penulisnya, cara ini dapat menghindarkan kita dari keharusan mencuci darah. Dengan menyitir chanel YouTube VDVC health, disebutkan bahwa memperbaiki nutrisi ginjal sangatlah ampuh dalam membantu menyembuhkan gagal ginjal. Nutrisi yang dimaksud adalah mencukupkan asupan protein dengan takaran yang cukup dan tidak berlebihan.

Ada juga pesan khususnya, bahwa bagi kita yang menderita gagal ginjal haruslah mengatur asupan garam yang cukup dan juga tidak berlebihan. Tidak mudah, tentunya. Perlu konsultasi dengan ahlinya. Baik ke dokter maupun ke ahli gizi yang memahami takaran makanan setiap orang, ke situlah kita bertanya. 

Dengan memperbaiki nutrisi atau pola hidup yang sehat maka kita dapat menghindarkan diri kita dari keharusan mencuci darah. Insyaallah dengan rutin melakukan perbaikan nutrisi maka kita berarti sudah menurunkan risiko untuk mencuci darah. Semoga bisa.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar