21 Apr 2022

Catatan Tausia Ustaz Abu Syahid Chaniago


SELASA (19/04/2022) malam lalu ada tausiah di Masjid Baitul Karimun, Kecamatan Karimun. Malam itu adalah malam Nuzul Quran Pemda Kabupaten (Pemkab) Karimun untuk tahun 1443 atau 2022. Setiap tahun di setiap peringatan hari-hari besar agama (Islam) Pemkab selalu melaksanakan peringatan. Dan peringatan Nuzul Quran tahun ini dipusatkan di Masjid Besar Kecamatan Karimun, Baitul Karimun. 

Selain Bupati, H. Aunur Rafiq dan Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) hadir pada acara itu pimpinan Forkopimda atau yang mewakili. Dan tentu saja para jamaah masjid Baitul Karimun dan dari beberapa masjid yang berlokasi tidak jauh dari masjid ini. Ada juga tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan lain-lainnya. Kegiatan tausiah dilaksanakan bakda solat tarwih. 

Dalam tausiahnya yang cukup panjang Ustaz Abu Syahid Chaniago menyampaikan banyak hal berkaitan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat dengan menyitir ayat-ayat alquran dan hadits sebagai dasar argumennya. Kata Ustaz, tiga hal yang disukai oleh Nabi kita, Muhammad Saw antara lain, 1) Salat di awal waktu; 2) Menghormati orang tua; 3) Berjihad di jalan Allah. "Nah, malam ini, semua hadirin yang ikut pengajian ini, setelah tadi berniat dari rumah untuk mengikuti majelis ilmu, berarti Bapak dan Ibu sudah termasuk orang yang berjihad," jelasnya. Artinya nabi pasti suka dengan kita.

Di bagian lain ustaz juga membahas tentang suami dan isteri soleh dan solehah. Dia jelaskan, misalnya kirteria suami soleh, antara lain, 1) Bertanggung jawab memberi makan (yang halal) kepada anak-isteri; 2) Bertanggung jawab memberi pakaian isteri dan anak-anak (perempuan) yang menutup aurat; 3) Bertanggung jawab memberi tempat tinggal atau rumah yang aman dan nyaman; 4) Bertanggung jawab memberi pendidikan anak-anak; dan 5) Memberi perhatian kepada isteri. Dengan menambahkan penjelasan yang lebih detail perihal kriteria itu, membuat jamaah begitu antusias menyimak tausiahnya.

Tentang kriteria isteri solehah ustaz Chaniago memberikan rincian antara lain, 1) Membuat sejuk hati suami saat melihatnya; 2) Membuat sejuk hati suami saat dia bertutur kata; 3) Dia cepat tanggap untuk  mematuhi perintah suami, serta beberapa kriteria lain yang pada intinya bagaimana isteri itu patuh dan taat kepada sumianya selain tentu saja kepada Allah. Kerja-kerja di rumah tangga dan mengurus anak-anak selalu selesai dengan baik. "Itulah ciri-ciri isteri yang solehah," tegasnya.
 
Ustaz Chaniago juga menyampaikan tentang doa Malaikat Jibril yang diaminkan Nabi Muhammad, yakni, 1) Celakalah orang yang dapat berjumpa dengan orang tua yang sudah renta tapi tak dapat membuanya masuk syurga; 2) Celakah orang yang ketika disebut nama Nabi mulutnya diam saja; 3) Celakah orang yang berjumpa Ramadhan tapi tidak dapat ampunan dari Allah. "Sungguh ini merugikan sekali," ingatnya kepada jamaah. Janganlah kita sampai termasuk orang yang didoakan oleh malaikat itu.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar