27 Apr 2022

Empat Anak yang Dilaporkan Hilang itu Telah Ditemukan


SEBUAH berita berjudul, 4 Anak Karimun Dilaporkan Hilang, Polisi Temukan Sedang Berada di Batam dan Dibawa Pulang yang dimuat laman radioazamid Senin (25/04/2022) lalu cukup menggemparkan warga di Kabupaten Karimun, khususnya, di Provinsi Kepri umumnya. Berita yang melaporkan 4 (empat) orang anak di bawah umur meninggalkan rumahnya (keluarga) tanpa sepengatahuan keluarga menjadi berita utama hari itu. Empat orang sekaligus meninggalkan keluarga masing-masing. Anaknya sendiri sudah menghilang sejak beberapa waktu sebelum berita itu. 

Informasinya, setelah orang tua mereka membuat laporan ke Polres Karimun, pihak kepolisian Kabupaten Karimun langsung merespon dengan bergerak mencari keempat anak dimaksud. Dan Satreskrim Polres Karimun, alhamdulillah berhasil menemukan keempat orang anak tersebut di Tanjung Uma Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam, pada Sabtu (23/4/2022) lalu itu. Keempat anak yang semuanya adalah laki-laki adalah Cheong Saputra (15), Muhammad Sabri (12), Aldi Novriansyah (10) dan Husein (11).

Kapolres Karimun, AKBP Tony Pantano mengatakan, para orang tua yang merasa kehilangan anaknya telah membuat laporan polisi pada Kamis (21/4/2022) dengan nomor laporan diantaranya OH/1/IV/2022/SPK-RES KARIMUN tanggal 22 April 2022, OH/2/IV/2022/SPK-RES KARIMUN tanggal 22 April 2022, OH/3/IV/2022/SPK RES KARIMUN tanggal 22 April 2022. Laporan dibuat oleh tiga orang yang merupakan orang tua anak yang diduga hilang, yakni, Epi Kamisa sebagai ibu rumah tangga, Jumiat sebagai ibu rumah tangga, dan Vuji Kasmida sebagai ibu rumah tangga. Mereka serentak melaporkan tiga anaknya yang telah meninggalkan rumah, bergi bersama seorang temannya bernama Cheong, yang tidak kunjung pulang, sehingga pelapor melaporkan kejadian orang hilang ke Mapolres Karimun.

Seperti diberitakan Tony menjelaskan kronologis penemuan keempat anak yang sempat dinyatakan hilang aykni, pada Sabtu kemarin (23/4/2022) sekitar pukul 09.45 WIB Tim Serigala Satreskrim Polres Karimun yang di pimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Arsyad Riyandi, mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa diduga orang hilang atas nama keempat anak tersebut, sedang berada di Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. 

Tim Serigala Satreskrim Polres Karimun langsung menuju Kota Batam yang ternyata benar ditemukan empat anak yang dilaporkan hilang diantaranya bernama Cheong, Aldi, Sabri dan Husseini. Tepatnya mereka tengah berada di Tanjung Uma Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Setelah ditemukan, semua anak tersebut dibawa ke Mapolres Karimun untuk dimintai keterangan lebih lanjut. 

Selanjutnya, sebelum dipulangkan ke keluarganya, Satreskrim polres Karimun telah berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Karimun, bersama Yayasan Inpak Karimun bernama Nanik, beserta tim memberikan pengarahan dan bimbingan kepada keempat anak yang sudah ditemukan, berikut orang tua yang bersangkutan. Informasinya, keempat anak tersebut masih pelajar dan dibawah umur, mereka masih membutuhkan perlindungan dan bimbingan orang tua.

Dalam kesempatan itu Pak Tony juga menghimbau kepada para orang tua, agar melakukan pengawasan melekat kepada anak-anaknya, apalagi menginjak usia remaja yang pisikologisnya masih labil dan mudah terpengaruh dengan lingkungan, sehingga dapat meninggalkan rumah tanpa pamit merupakan akibat dari pergaulan yang tidak terarah. Himbaun inilah yang penting menajdi perhatian kita sebagai orang tua. Catatan singkat ini pun dimaksud untuk saling mengingatkan betapa pentingnya orang tua mengurus anak dengan lebih seksama, terutama di masa usia reamaja. Semoga tidak lagi menimpa anak-anak kita.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar