4 Apr 2022

Safari Ramadhan Pemda Malam Kedua, Bupati Penceramah


PADA hari Ahad (03/04/2022) malam, ini Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq dan rombong Tim Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Karimun melaksanakan kegiatan safari Ramadhan di Masjid Baiturrahman, Teluk Air Kecamatan Karimun. Malam sebelumnya (malam pertama Ramadhan) Bupati dan rombongan melaksanakan kegiatan yang sama di Masjid Agung Kabupaten Karimun, Poros, Karimun. 

Malam kedua Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Karimun Tim Satu, rombongan bupati hadir di lokasi menjelang solat isya. Ini sama dengan safari malam pertama di Masjid Agung. Melaksanakan solat isya bersama, selanjutnya sambutan dan pidato bupati. Pidato adalah sambutan Ketua Umum DKM Masjid, H. Arnadi Supaat. Selanjutnya pidato sambutan sekaligus tausiah agama oleh Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq. 

Pak Arnadi dalam pidatonya menyatakan terima kasih kepada Bupati dan rombongan Tim Safari Ramadhan Pemda Karimun yang langsung dikomandoi oleh Bupati. Dalam rombongan satu ini terdiri FKPD, Pimpinan OPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Sementara di Tim Dua yang dipimpin oleh Wakil Bupati juga teriri dari beberapa pejabat dan tokoh agama dan tokoh masyarakat. Lebih jauh Ketua Umum Pengurus Masjid Baiturrahman itu juga menjelaskan aktivitas masjid yang berjalan normal. "Solat sudah dapat dilaksanakan dengan normal sesuai Surat Earan Pemerintah," katanya. 

Selepas pidato Pak Arnadi diteruskan dengan pidato bupati yang malam ini sekaligus daia menjadi penceramah. Bupati menjelaskan bahwa safari Ramadhan tahun ini lebih disederhanakan. Tidak terlalu ramai seperti tahun sebelum adanya covid-19. "Ini malam kedua, kita hadir ke masjid Pemerintah Kabupaten." Untuk diketahui, ada tiga masjid milik Pemda di Kabupaten Karimun, yakni Masjid Agung, Baiturrahman dan Masjid Hijir Ismail yang berada di Tanjungbatu. 

Salah satu pesan bupati dalam tausiahnya adalah pentingnya kita bersyukur kepada Allah atas terkabulnya doa kita untuk bersama dengan Ramadhan ini. "Ingat. karena Allah sudah kabulkan doa kita untuk sampai ke Ramadhan maka mari bersyukur dan mari  diisi waktu untuk beribadah. Selain itu, mari memuhasabah diri atas kesalahan dan dosa kita," imbaunya. Dia juga mengingatkan untuk mohon ampun dan tingkatkan amal kepada Allah selama bulan mulia ini. Pak Rafiq juga mengingatkan untuk bersyukur atas telah bolehkannya kita berjamaah secara  normal meski tetap mematuhi protokoler kesehatan," katanya. 

Selain itu bupati juga menjelaskan keadaan Karimun saat ini yang masih berada di level 2 karena persentase vaksinasi lansia masih di bwah 60%. Dia berharap agar masyarakat waspada selalu dan aktif menjaga kesehatan. Selain itu bupati juga menyebut ketersediaan listrik dan sembako dalam Ramadhan 1443 H ini. Katanya, pasokan energi listrik selama bulan Ramadhan 1443 H aman.

“Walau minus 2 MW, listrik PLN tidak ada terjadi pemadaman selama Ramadhan ini. Saya sudah mintakan hal itu ke pihak PLN ULP Tanjung Balai Karimun agar tidak ada pemadaman listrik dalam bulan ini,” tegasnya. Terhadap ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) di Kabupaten Karimun selama Ramadhan ini dia juga menyatakan cukup. Yang penting, jangan berbelanja berlebih-lebihan.
“Masyarakat jangan panik, belilah bahan pokok sesuai kebutuhan, jangan membeli dengan jumlah yang berlebihan.” Begitu dia mengingatkan masyarakat dalam pidatonya. ***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar