23 April, 2022

SIT YDM 'Berbagi' Jalin Kebersamaan

MENGUSUNG tema 'Merajut Keberkahan Bersama Meraih Taqwa" seperti tertera pada spanduk acara pembagian sembako, bantuan kepada dhuafa, fakir dan miskin yang diselenggarakan keluarga besar SIT (Sekolah Islam Terpadu) di bawah Yayasan Darul Mukmin (YDM) Jumat (22/04/2022) pagi, dinilai kegiatannya berjalan dengan aman dan lancar. Tema itu diusung oleh panitia pelaksana adalah sebagai penguat semangat ukhwah antara SIT YDM dengan masyarakat.

Seperti diberitakan pada laman radioazam.id di hari yang sama dengan judul SIT Yayasan Darul Mukmin Gelar Baksos, Bagikan Paket Sembako Gratis Untuk Kaum Dhuafa dan Santuni Anak Yatim, sekolah-sekolah di bawah YDM telah melaksanakan salah satu misi yayasan, yaitu menjalin kebersamaan dengan masyarakat. Wujud kegiatannya di bulan penuh berkah ini adalah dalam bentuk menyerahkan bantuan paket sembako kepada 160 orang penerima yang berhak dan pemberian santunan anak yatim. Kegiatan SIT-YDM Berbagi, ini adalah kegiatan rutin setiap tahun.

Mengutip berita tersebut dikatakan bahwa  kegiatan bhakti sosial yang digelar oleh keluarga besar Yayasan Darul Mukmin tersebut, yang didalamnya mencakup seluruh unit --TPQ, TKIT, SDIT dan SMPIT-- dan diperuntukkan bagi masyarakat fakir miskin disekitar yayasan, itu berjalan dengan baik dan lancar. Para penerima hadir dan datang langsung ke lokasi kegiatan untuk menerima bantuan dengan menunjukkan kupon baksos yang sebelumya sudah diberikan kepada para mustahik. Nama-nama dan orang yang menerima juga ditentukan oleh Ketua RT setempat.

Menurut salah seorang pimpinan yayasan, sebagaimana diberitakan, “Kegiatan ini memang rutin dilakukan oleh seluruh unit Sekolah Islam Terpadu (SIT) Yayasan Darul Mukmin pada bulan mulia ini.” Dikatakan bahwa sumber dananya berasal dari infaq atau sedekah dari para wali murid di SIT YDM, para guru dan karyawan semua unit yang menyisihkan sebagian rezekinya untuk acara 'berbagi' ini. Tujuan ini adalah, untuk berbagi dalam kebersamaan. Sebagai sesama muslim agar tetap menjaga kebersamaan dan persatuan, baik itu persatuan seagama, seakidah maupun persatuan sebangsa. Begitu diberitakan. Sebagai masyarakat kita tentu sangat bangga dan berterima kasih kepada sekolah-sekolah yang ada di Darul Mukmin yang peduli kepada masyarakat, khususnya yang berada di sekitar lingkungan sekolah.

Sekolah memberikan peluang kepada orang tua, wali murid serta guru-guru dan karyawan di lingkungan YDM untuk berbagi rizki. Ketika terkumpul dana Rp 250-an juta untuk 160 paket sembako tentu saja itu merupakan jumlah yang cukup besar yang terkumpul secara ikhlas. Dana ini menurut panitia murni dari orang tua siswa, guru dan karyawan yang ada di lingkungan yayasan. Barokalloh, semoga Allah memberikan berkah dan pahala kepada semua pemberi infak dan sedekah tersebut.

Informasi lain yang perlu kita ketahui bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini oleh sekolah-sekolah di yayasan adalah untuk terus terjaga kebersamaan yayasan dengan bapak dan ibu para penerima bantuan, khsusnya dan dengan masyarakat secara umum. Meskipun tidak semua menyekolahkan anaknya di Yayasan Darul Mukmin, tapi bapak ibu merupakan bagian dari kelaurga besar Yayasan Darul Mukmin. Itu pernyataan yang disampaikan pengurus yayasan.

Kehadiran Yayasan Darul Mukmin yang didalamnya terdapat TKIT, SDIT, SMPIT, TPQ dan Rumah Tahfizh, tidak lain adalah untuk mencetak generasi yang cerdas, berakhlak dan mandiri, itu sangat didukung oleh masyarakat. Ke depan para peserta didik yang dibimbing terus akhlak dan kecerdasannya diharapkan mampu mandiri dan membangun bangsa ini lebih baik dari pada yang saat ini. Ini adalah investasi jangka sangat panjang. Investasi pendidikan memang investasi dalam waktu lama. Maka semua pihak wajib mendukungnya.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: