25 Mei 2022

Pemda Karimun Melaksanakan Pelatihan agar TK Berketerampilan


Catatan M. Rasyid Nur

INI informasi menggembirakan bagi kita, khususnya bagi anak-anak muda, pencari kerja. Sebagai calon Tenaga Kerja (TK) di daerah ini anak-anak muda yang notabene baru saja menamatkan pendidikan (sekolahnya) tentu saja mereka sangat ingin segera mendapatkan pekerjaan. Kelanjutan hiudp dan eksistensi diri dalam hidup tentu akan ditentukan, salah satunya dari bekerja-tidaknya kita.

Sebuah berita berjudul Bupati Karimun Penuhi Janji Politiknya, Buka Pelatihan Rigger dan Scaffolding Bersertifikasi yang disiarkan laman website radioazam.id (Karimun) menjelaskan bahwa Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq melaksanakan pelatihan bagi pencari kerja yang ada di sini. Informasinya, bupati menepati janji politiknya yang salah satunya adalah menggelar pelatihan ketenagakerjaan berbasis sertifikasi. Kegiatannya sendiri dilaksanakan oleh dan melalui Dinas Tenagakerja dan Perindustrian Kabupaten Karimun, selama satu minggu. Kegiatan telah dibuka resmi oleh bupati pada Senin pagi (23/5/2022) yang lalu di Hotel Aston Karimun. Intinya, Pemda Kabupaten Karimun melaksanakan kegiatan pelatihan.

Pada kesempatan memberikan pengarahan saat pembukaan, itu bupati menjelaskan bahwa ada 17 (tujuh belas) jenis pelatihan yang akan dilakukan dalam satu  tahun ke depan. Sedangkan pelatihan kenetenagakerjaan yang dibuka kemarin, itu meliputi bidang rigger dan scaffolding, yang akan berakhir pada Jumat (27/5/2022) nanti. Pelaksana pelatihan menghadirkan PJK3 selaku perusahaan berwenang mengeluarkan sertifikat untuk kegiatan ini.

Untuk pelatihan kali ini diikuti oleh 73 peserta yang 37 orang diantaranya bidang rigger dan 36 peserta lainnya untuk bidang scaffolding. Kata Bupati, Aunur Rafiq dalam pengarahannya, itu bahwa kegiatan ini sudah dianggarkan unutk kegiatan pelatihan tahun 2022, melalui APBD Kabupaten Karimun dengan nilai Rp4 Miliar. Direncanakan akan melatih sebanyak 430 TK di daerah ini. Dari anggaran itu akan dibuat sebanyak 17 jenis pelatihan lengkap dengan sertifikat, khusus untuk pemuda-pemudi di daerah ini.

Dia berpesan kepada para peserta pelatihan, untuk mengikuti kegiatan pelatihan dengan sebaik baiknya serta serius, katanya. Dengan begitu kemampuan atau kualitas dan serfitfikat yang dimiliki, benar-benar dapat dipergunakan untuk mencari kerja. Lebih jauh dia mengucapkan terimakasih kepada para anggota DPRD Kabupaten Karimun, yang telah menyetujui kegiatan tersebut dalam penganggarannya. Ini sejalan dengan visi dan misi Bupati-Wakil Bupati, yakni berkeadilan dalam peningkatan kualitas SDM yang dalam misi tersebut ada program pelatihan 3000 tenaga kerja selama lima tahun. Wow.

Mengutip berita radioaza.id, bupati menjelaskan, “Di tahun pertama ini kita persiapkan sebanyak 430 peserta, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah yang kami bahas bersama-sama di DPRD. Apa yang kita lakukan hari ini merupakan komitmen bersama, karena saya didukung oleh koalisi partai, pada awal saya menawarkan diri untuk mendapatkan dukungan, ternyata ini sejalan dan akan dikawal besama.” Begitu bupati menjelaskan kaitan program ini dengan berbagai pihak sebagai salah satu visi-misinya.

Bagi kita masyarakat kabupaten ini tentu saja program dan kegiatan ini akan kita sambut dengan baik. Kita merasa tidak salah memilih pasangan ini ketika Pilkada tempo hari, karena ternyata pasangan Aunur Rafiq- Anwar Hasyim, ini membuktikan visi-misinya dalam bentuk program yang memang sangat diperlukan oleb TK daerah ini. Semoga saja kegiatan ini segera diikuti porgram lainnya sebagai usaha membantu pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.***

Diposting juga di mrasyidnur.gurusiana.id


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar