27 Jul 2022

Jamaah Haji Kabupaten Karimun Sudah Kembali

SEBANYAK 76 orang Jamaah Haji (JH) asal Kabupaten Karimun sudah kembali dari Tanah Suci setelah menunaikan ibadah haji. Mereka tiba di debarkasi Batam Selasa (26/07/2022) siang sekitar pukul 12.45 WIB. Setelah melalui dan menyelesaikan prosedur kepulangan JH di Bandara dan Asrama Haji Batam, para JH yang tergabung dalam keloter satu, gabungan JH Kabupaten/ Kota se-Provinsi Kepri dilepas pulang ke daerah masing-masing oleh pihak Pemda Provinsi Kepri. JH asal Kabupaten Karimun meninggalkan Batam menuju daerah masing-masing menjelang sore. 

Seperti disampaikan oleh Panitia Penjemputan JH Kabupaten Karimun, kepulangan JH Kabupaten Karimun dari Batam dibagi menjadi dua bagian dengan dua kapal yang akan membawa mereka ke daerah masing-masing. "Sebanyak 55 orang JH akan dibawa oleh kapal Mikonata dengan tujuan Pulau Karimun. Sementara 21 orang lainnya naik kapal Karunia Jaya dengan tujuan Moro, Durai dan Pulau Kundur." Demikian dijelaskan oleh Kakankemenag, Jamzuri selaku Staf Pelaksana Haji Kabupaten Karimun saat menjemput JH Kabupaten Karimun di Batam. "Mereka alhamdulillah dalam keadaan sehat," tambahnya. 

Kepulangan jamaah haji asal Pulau Karimun yang merupakan jamaah dari beberapa kecamatan di Pulau Karimun
disambut langsung oleh Bupati Karimun, H.  Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun, H.  Anwar Hasyim dan Sekda Karimun, H. Muhammad Firmansyah serta segenap pejabat dan masyarakat Pulau Karimun. Mereka sudah menanti di Pelabuhan Karimun karena sudah tidak sabar menanti kepulangan jamaah terutama keluarga masing-masing. Acara peyambutan sendiri dipusatkan di Masjid Baitul Karim Kecamatan Karimun. Bupati dan masyarakat lainnya menunggu di masjid karena akan ada acara penyambutan khusus dari Pemda.

Pada kesempatan penyambutan itu Bupati Karimun menyatakan rasa syukurnya atas kepulangan 76 orang JH Kabupaten ke pangkuan daerah dengan selamat dan sehat. "Alhamdulillah para jamaah haji asal Karimun sudah kembali dengan selamat dan sehat walafiyat,” ujarnya di depan hadirin yang memenuhi masjid saat pelaksanaan upacara penyambtan. "Saya tahu kalau Bapak-bapak dan Ibu-ibu haji sudah tak sabar. Ingin segera sampai di rumah. Saya tidak akan lama-lama berbpidato," katanya sambil tersenyum. 

Mengingat ketibaan JH sudah hampir mendekati waktu isya maka acara penyambutan dilaksanakan sebenatr menjelang isya, lalu solat berjamaah dan acara penyambutan dilanjutan setelah selesai solat isya. Begitu sampai di Karimun, jamaah haji langsung dibawa ke Masjid Baitul Karim untuk melaksanakan shalat sunah dan Isya secara berjamaah. Para penjemput sendiri juga ikut berjamaah solat isya.

Prosesi acara penyambutan diawali dengan laporan dari Kakankemenag selaku Staf Pelaksana Haji Kaupaten Karimun, dari Pak Jamzuri. Lalu kesan dan pesan dari salah seorang JH yang disampaikan langsung oleh Ketua Rombongan Haji. Mewakili seluruh JH dia menyampaikan terima kasih kepada Pemda Karimun. Termasuk kepada Kemenag dan IPHI Kabupaten Karimun. Di sisi lain dia juga menyampaikan permintaan maaf dari seluruh JH jika ada kesalahan dan kekurangan.

Sementara Bupati dalam pidato pengarahannya juga menyampaikan permintaan maaf Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karimun jika pelayanan yang diberikan kepada JH masih ada yang kurang. Pemerintah sudah berusaha memberikan yang terbaik untuk kelancaran dan kenyamanan para haji-hajjah untuk berangkat menunaikan haji. "Tapi jika masih ada yang belum memuaskan, Pemerintah mewakili masyarakat meminta maaf. Semoga Bapak-Ibu Haji-Hajjah menjadi haji yang mabrur dan mabrurah," katanya menutup sambutan.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar