11 Jul 2022

Ketika Pemkab Sambut Idul Adha dengan Tausiah



DALAM rangka menyambut Idul Adha 1443 (2022), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun menggelar kegiatan yang diberi label 'Malam Takbir dan Tausiyah Agama' dalam Rangka Menyambut Idul Adha 1443 H/ 2022 M. Kegiatannya disejalankan dengan pelepasan kafilah MTQ Kabupaten Karimun pada MTQ ke-9 Provnsi Keupulauan Riau (Kepri) di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dari seorang panitia diperoleh keterangan bahwa kegiatan itu diselenggarakan oleh Pemda melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Keagamaan Setda Kabuaten Karimun. Dengan mengundang penceramah kondang dari Kota Dumai, Ustaz Lukman Syarif Ahmad Pemda berharap masayarakat Kabupaten Karimun dapat menyerap ilmu sebagai isi ceramah ustaz Lukman. Ustaz Lukman sendiri sudah untuk kedua kali hadir di Bumi Berazam sebagai undangan Pemda Kabupaten Karimun.

Sabtu (09/07/2022) malam itu sesungguhnya adalah malam Idul Adha karena besoknya adalah hari Raya Idul Adha yang akan diisi dengan solat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban. Pada waktu yang sama di Tanah Suci para jamaah haji sudah menyelesaikan proses wukufnya di padang Arafah. Puncak haji sudah mereka lewati. Di Kabupaten Karimun sejatinya adalah malam takbir yang tahun-tahun dulu diisi dengan pawai takbir. "Tahun ini kita mengisinya dengan malam tausiah agama yang disejalankan dengan pelepasan kafilah Karimun ke MTQ Provinsi di Anambas," kata staf di Bagian Kesra. Para peserta yang tergabung dalam kafialah, itu berangkat meninggalkan Karimun menuju Anambas pada hari Senin (11/07/2022) pagi.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabuaten Karimun, Baginda Malim Siregar, kegiatan malam takbir, zikir dan tausiyah agama dilaksanakan pukul 19.45 WIB (sesudah solat Isya) dengan mengambil tempat di halaman rumah dinas Bupati Karimun. Dengan acara ini tiga kegiatan berjalan sekaligus, menyambut Idul Adha, tausiah agama dan pelepasan kafilah. Demikian Pak Baginda menjelaskan. Ibarat bunyi peribahasa, sekali mendayung dua-tiga pulau terlampau. Baguslah untuk penghematan biaya.

Tahun ini juga tidak ada dilaksanakan pawai takbir keliling sebagaimana tahun-tahun sebelumnya selalu diadakan. Kegiatan pawai takbir salah kegiatan menyambut Idul Adha yang sangat digemari oleh masyarakat. Ini tentu saja mengingat covid-19 yang baru saja akan habis. Belum dinyatakan habis oleh Pemerintah. Kewaspadaan kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan tetap diingatkan.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar