10 Jul 2022

Malam Takbir Melepas Kafilah MTQ


PADA spanduk yang terpasang di atas pentas halaman Rumah Dinas Kediaman Bupati, Karimun tertulis kalimat Malam Takbir dan Tausiyah Agama dalam rangka Menyambut Idul Adha 1443/2022 dan Pelepasan Kafilah Kabupaten Karimun pada MTQ ke-9 Provinsi Kepulauan Riau sebagai penanda acara malam ini. Sabtu (09/07/2022) malam, Pemda Kabupaten Karimun melalui Bagian Kesra dan Keagamaan melaksanakan kegiatan menyambut Idul Adha yang akan jatuh besok (Ahad) harinya sekaligus mengadakan Tabligh Akbar.

Malam ini juga ada acara khusus yang biasanya dilaksanakan tersendiri tapi tahun ini disejalankan dengan kegiatan penyambutan Idul Adha ini, yaitu acara Pelepasan Kafilah MTQ Kabupaten Karimun pada MTQ ke-9 Provinsi Kepri tahun 2022. MTQ sendiri akan dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai tuan rumah pada 14 Juli 2022 yang akan datang. Hal menarik dalam acara ini adalah digabungkannya tiga kegiatan sekaligus dalam satu kesempatan, Malam Takbir Menyambut Idul Adha 1443, Tausiah Agama dan sekaligus Pelepasan Kafilah MTQ Kabupaten Karimun itu.

Malam ini, selain pidato sambutan Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq yang sebelumnya ada sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, H. Zamzuri juga penyampaian tausiah agama oleh penceramah, Lukman Syarif dari Kota Dumai. Pak Zamsuri menyampaikan laporan singkat pelaksanaan haji di Kabupaten Karimun tahun 2022/ 1443 sedangkan Bupati Karimun berpidato lebih kepada ajakan kepada masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan, khususnya di Daerah Kabupaten Karimun.

Malam Takbir dan Pelepasan Kafilah diakhiri dengan tausiah oleh penceramah. Belyau banyak berceramah perihal kemulaiaan orang berilmu, perlunya tetap menjaga silaturrahim antar sesama serta perlunya kerja keras dan semangat. Terutama dalam membela dan memajukan agama semua umat harus saling bahu-membahu dan terus memelihara kebersamaan dalam silaturrahim antar umat ini. Semoga kita tetap mampu menjaga kekuatan umat, termasuk dalam menjaga bangsa dan negara, Indonesia.
 
Pada acara malam ini ada acara tambahan, yakni muhasabah  yang dipandu oleh Ustaz Azwardi dan zikir diserta doa yang dipandu oleh Ustaz Zulfan Batubara. Ustaz menyampaikan kalimat-kalimat muhasbahnya dengan syahdu dan makna yang membuat hadirin terharu dan sedih. Begitu juga doa yang dibawakan Ustaz Zulfan Batubara. Dengan suaranya yang jelas dan tegas dia menyampaikan kalimat-kalimat doa yang mengharukan para hadirin. Acara ditup dengan bersalaman.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar