29 Agu 2022

Apel HUT Pramuka ke-61 Kwarcab Karimun


APEL memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-61 Tahun 2022 Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Karimun Provinsi Kepri dilaksanakan di Bumi Perkemehan (Buper) Stadion Mini, Tanjungbatu, Kundur. Apel HUT Pramuka tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Kundur dengan Kwarran (Kwartir Ranting) Kundur bertindak sebagai tuan rumah sekaligus sebagai panitia pelaksana. Panitia pelaksana ditetapkan oleh Kakwarcab selaku penanggung jawab dalam satu keputusan tentang Panitia Pelaksana dan menunjuk beberpa orang dari Kwarcab untuk menjadi panitia pengarah.

Peringatan HUT Pramuka Kabupaten Karimun diawali dengan Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami) oleh anggota pramuka Kwarran se-Kwarcab Karimun. Tidak semua Kwarran mengirimkan anggota pramuka untuk ikut berkemah. Menurut Kakwarran Kundur, Rahayu Kusrianti, MPd peserta perkemahan hanya berasal dari 6 Kwaran, masing-masing dari Kwarran Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Belat , Ungar, dan Durai. "Terdiri dari 6 kwarran dengan jumlah peserta sebanyak 617 orang anggota pramuka," jelas Bu Yanti mantan Camat Ungar itu. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa nama kegiatan perkemahan ini adalah Perkemahan Besar dan Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 Kwarcab Karimun yang dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Kwarcab karimun, Dr. Moh. Firmansyah, MSi.

Kegiatan perjusami yang dimulai pada hari Jumat (26/08/2022) berlangsung selama tiga hari sampai malam Ahad (28/08/2022) dengan upacara api unggun yang dipimpin oleh Kakwarran Kundur, Kak Rahayu Kusrianti. Apel Memperingati HUT ke-61 Pramuka Kwarcab Karimun dengan Pembina Upacara, Wakil Bupati Karimun yang juga selaku Ketua Umum Kwarcab pramuka Kabupaten Karimun, H. Anwar Hasyim dilaksanakan Ahad pagi. Peserta upacara terdiri dari peserta perjusami ditambah undangan lainnya seperti perwakilan dari Kwarcab dan pewakilan dari beberapa pembina yang ada se-Kabupaten Karimun.

Apel peringatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan laporan pemberian piagam penghargaan kepada beberapa orang pembina dan andalan cabang dan ranting yang diberikan oleh Kakwarda (Ketua Kwartir Daerah) Provinsi Kepri. Pembina Upacara juga memberikan amanat dengan membacakan amanat Kakwarnas, Budi Waseso.

Dalam pengarahannya Wakil Bupati mengajak semua anggota pramuka untuk terus mengabdi sesuai kemampuan dan kesempatan kita. Setiap kita tentu ada waktu untuk berbuat kebaikan. Mengabdi tiada henti adalah sikap anggota pramuka yang harus terus dijalankan. Anggota pramuka itu tidak pernah mengeluh dalam mengatasi persoalan. Anggota selalu siap sedia kapan dan dimana saja. Mari kita aktif dan melakukan kebajikan untuk kepentingan bersama. Begitu pesan-pesan Pembina Upacara pada apel HUT Pramuka ke-61 di Buper Stadion Mini, Tanjungbatu.

Acara ditutup dengan penampilan berbagai atraksi oleh para anggota pramuka di beberapa pangkalan se-Kwarran Kundur. Mereka menampilkan berbagai atraksi seperti tari, silat dan beberapa penampilan seni lainnya. Para undangan tampak antusias menyaksikan berbagai atraksi yang dipersembahkan oleh anggota pramuka.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar