15 Agu 2022

Naik Sepeda Jelajah Wisata Karimun, Coastal Area Dibanjiri Ribuan Orang


SEJAK covid melanda, inilah pertama kali sepanjang jalan di depan Panggung Kemuning, Coastal Area dipadati ribuan orang dalam satu acara. Acara hari Ahad (14/08/2022) pagi kemarin, itu adalah acara Naik Sepeda Jelajah Wisata Karimun yang disejalankan dengan pergelaran Jajanan Nusantara dan Launching Car Fre Day (Hari Tanpa Kendaraan) Karimun. Acara yang ditaja oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun diharapkan menjadi awal hadirnya kembali wisata dari luar ke Kabupaten Karimun.

Naik Sepeda Jelajah Wisata Kabupaten Karimun adalah event gowes sepeda mengelilingi Pulau Karimun yang diawali dari depan panggung Kemuning Coastal Area menuju Jembatan Kuning, di ujung jalan Coastal Area. Pada hari yang sama sekaligus digelarnya Jajanan Nusantara kuliner dari berbagai daerah di Tanah Air. Makanan dan minuman yang disediakan ini akan dibagikan secara gratis bagi masyarakat yang ikut dalam kegiatan ini. Hari ini pula dilaunching program Car Free Day yang dimaksudkan untuk kegiatan msayarakat karena tidak digunakannya kendaraan --roda empat-- pada hari itu. Dengan Car Free Day diharapkan jalan-jalan sepi dari kendaraan untuk dapat dipakai dengan tenang oleh masyarakat.

Menurut Panitia, bahwa dengan diadakannya Car Free Day (hari bebas berkendaraan) diharapkan dapat mengurangi ketergantungan kepada kendaraan. Selain itu nantinya warga bisa bebas berolahraga, berjualan dan melakukan aktivitas lainnya tanpa harus khawatir adanya kendaraan yang melintas di jalan pada hari itu. 

Ikut bersama dan menyaksikan ribuan masyarakat yang begitu antusias terhadap ketiga event ini bahkan telah memadati area Coastal Area sejak pukul 06.00 pagi, membuat rasa bangga di hati kita, baik sebagai warga Kabupaten Karimun maupun sebagai warga Kepri dan Indonesia pada umumnya. "Kita senang, kita sudah bisa bersama-sama seperti ini," kata Bu Ina, salah seorang warga yang ditanyakan pendapatnya dengan ribuan orang yang hadir. Apalagi, gubernur Kepri, Ansar Ahmad juga hadir pada even kali ini.

Ketiga even itu dibuka secara resmi oleh Gubernur sendiri yang hadir bersama isteri. Pembukaannya ditandai dengan pelepasan balon ke udara dan pelepasan rombongan gowes sepeda itu tadi. Bupati Karimun, Aunur Rafiq ikut bersama seribuan peserta lomba sepeda mendayung sepedanya. Beberapa pejabat teras Kabupaten Karimun juga tampak ikut bersama bupati, Wakil Bupati, Anwar Hasyim dan Sekda, M. Firmansyah. Hadir juga dari Forkopimda Kabupaten Karimun dan Kakankemenag Kabupaten Karimun.

Dalam sambutannya sebelum pelepasan keberangkatan peserta gowes sepeda, Bupati Karimun menyatakan rasa syukurnya. “Alhamdulillah, event Jelajah Wisata, Jajanan Nusantara dan launching Car Free Day telah resmi dibuka bersama-sama pada hari ini oleh Pak Gubernur.” Gubernur sendiri dalam pernyataannya mengatakan bahwa Pemprov Kepri sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Karimun dalam mendorong sektor pariwisata dan ekonomi melalui ketiga event ini. 

Mengutip sebuah media, gubernur mengatakan, “Ketiga event ini memberikan dampak positif bagi pariwisata. Kita bisa lihat banyaknya wisman yang datang dan juga masyarakat kita. Hal ini tentu akhirnya berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku UMKM.” Demikian dia mengatakan. Sebagai warga, sekali lagi ditegaskan, kita tentu saja sangat bangga dan puas dengan dihelatnya kegiatan ini oleh Pemda Kabupaten Karimun. Tidak sia-sia ribuan masyarakat datang membanjiri Coastal Area untuk bersama dalam acara ini. Ada hadiah doorprize menarik berupa sepeda motor dan sepeda yang disediakan sponsor.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar