23 Sep 2022

Catatan Pelatihan Jurnalistik Tim Humas YDM


ADA yang istimewa dua hari ini. Bertempat di Graha Azam YDM (Yayasan Darul Mukmin) Kabupaten Karimun, Kamis-Jumat  (22-23/09/2022) dilaksanakan pelatihan jusrnalistik bagi Tim Humas YDM dan Grup. Ya, benar. Pelatihan menulis dan membuat berita bagi Tim Humas di lingkungan YDM. Tim Humas adalah satu komponen penting di jajaran Manajemen Yayasan Darul Mukmin Kabuaten Karimun. Untuk itu perlu pelatihan ini meskipun dilaksanakan secara mandiri. 

Pelatihan diikuti 8 orang peserta, masing-masing dua orang dari setiap unit sebagai Tim Humas di unit masing-masing. Keenam peserta yang mengikuti pelatihan adalah Yuni Priyanti dan Ilham AP (unit SMPIT), Agus Salim dan Alvina (unit SDIT), Jati Mergi Utama serta Marta Karina (unit TKIT) dan Faiz serta Syafii (TPQ). 

Narasumber pelatihan jurnalistik adalah Abd. Gani, Wartawan Muda yang sehari-hari menjabat sebagai Koordinator Humas YDM dan Grup sekaligus pengelola website radioazam.id. Meskipun baru menduduki status Wartawan Muda, belyau sudah sangat lama berkecimpun di bidang media online dan cetak.

Menurut informasi dan penjelasan Manajer SDM, Pendidikan dan Pengembangan Alquran YDM, Noor Famayani, kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada Tim Humas Yayasan agar mereka semakin memahami penulisan jurnalistik. 

"Kegiatan pelatihan jurnalistik ini adalah program Humas Yayasan yang diikuti oleh Tim Humas unit, masing-masing dua dari setiap unit. Sifatnya mandiri dan intern saja. Peserta dan mentornya dari dalam," kata Noor Famayani. Kegiatan ini diharapkan menambah pengetahuan dan pengalaman Tim Humas Unit dalam mengelola dan membuat berita di unit masing-masing.

Pelatihan jurnalistik yang akan berlangsung dua hari lebih ditekankan pada aspek praktik dari pada teori. Pak Gani, begitu lelaki yang pernah bekerja di salah satu media cetak dan online sebelum bergabung dengan YDM menjelaskan bahwa kegiatan ini penting bagi yayasan dan juga bagi peserta. Dengan tiga satuan pendidikan formal ditambah satu TPQ dan satu Rumah Tahfiz, lembaga ini perlu selalu menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dan Tim Humas adalah ujung tombak dari kegiatan penyampaian informasi itu. Demikian Pak Gani menjelaskan latar belakang program ini.

Harapan inti dari kegiatan ini adalah bahwa Tim Humas di setiap unit YDM dapat menjadi pelopor kreatifitas tulis-menulis di unitnya amsing-masing bahkan secara umum di lingkungan YDM. Harapan ini langsung disampaikan Direktur YDM juga Plt Ketua Yayasan saat memberikan sambutan pengarahan pada acara pembukaan Kamis itu.

Mengutip pernyataan Direktur YDM sebagaimana dimuat pada laman radioazam.id, “Kita ingin para guru dan siswa dari semua unit di di Yayasan Darul Mukmin, punya keterampilan di bidang tulis menulis. Oleh karena itu diharapkan tim humas ini yang sudah ada orangnya, dapat menjadi pelopor,” pintanya. Kegiatan ini sekaligus menunjukkan bahwa yayasan sangat konsen dengan kreatifitas literasi di kalangan yayayasan sendiri. ***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: