15 Sep 2022

Pemilu Tingkat RT Serasa Pemilukada Juga


INILAH salah satu pemilihan Ketua RT (Rukun Tetangga) yang cukup menarik. Penuh semangat dan kekompakan antar warga. Kesan hebat ada di sini. Sedari perencanaan dan persiapan kegiatan pemilihan ini sudah mencerminkan kebersamaan masyarakat yang kuat, khususnya di RT ini. Pak RT yang merupakan pimpinan paling ujung dan langsung di tengah-tengah masyarakat adalah pimpinan 'suka-rela' yang tidak semua orang suka menjabatnya.

Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih Ketua RT di Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral yang dihelat pada Ahad (11/09/2022) lalu, itu menurut beberapa teman sangatlah mengesankan. Menurut saya juga begitu. Sekadar maklum Pemilu Ketua RT kali ini adalah Ketua RT 01 RW 07 Wonosari. Ketua RT harus dipilih karena Ketua RT 01 saat ini sudah menyatakan mengundurkan diri. 

Harus dimaklumi bahwa pengunduran dirinya bukan karena ada masalah. Sepenuhnya karena merasa sudah terlalu lama menjadi Ketua RT. "Saya sudah 20 tahun menjadi Ketua RT 01. Umur juga sudah 65 tahun. Harus sudah diregenerasi," katanya dalam satu rapat antar beberapa orang tokoh di RT 01 sepuluh hari sebelum Pemilu.

Sesuai hasil rapat Senin (29/08/2022) malam di rumah kediaman Pak Su, Ketua RT yang akan melepaskan jabatan, itu disepakati akan dilaksanakannya Pemilu untuk memilih Ketua RT pengganti dirinya.  Dan Pemilu ini dilaksanakan oleh satu panitia yang ditetapkan oleh Ketua RW (Rukun Warga). 

Setelah panitia mempersiapkan segala sesuatunya, dua orang kandidat calon Ketua RT pun sudah melalui proses seleksi oleh panitia, dilaksanakanlah Pemilu yang melibatkan 120-an penduduk yang berhak untuk memberikan suaranya. Segala persyaratan untuk dipilih dan memilih mengacu kepada ketentuan Pemilukada.

Setelah selesai mencoblos dan dilanjutkan penghitungan suara pemilih didapatkan suara oleh Calon Nomor Urut 1, Prayikto sebanyak 151. Sedangkan kandidat dengan Nomor Urut 2, Muhammad mendapatkan suara sebanyak 65 suara. Dengan demikian, Mas Prayikto yang lebih dikenal dengan sapaan Mas To ditetapkan sebagai pemenang.

Menurut Ketua Panitia Pemilu, Rudi, hasil Pemilu Ketua RT ini akan dilaporkan ke Kelurahan melalui Ketua RT yang sekarang. Jika tidak ada masalah, Mas To akan menjadi Ketua RT 01 Wonosari ke depannya. Semoga saja Wonosari semakin maju dan masyarakatnya tetap kompak.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: