14 Sep 2022

Peringatan HKGN, SDIT Darul Mukmin Jadi Pusat 'Sikat Gigi Bersama'


PERINGATAN Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022 Kabupaten Karimun dipusatkan di SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Darul Mukmin Karimun. Sebanyak 2000 orang anak SD di Kabupaten Karimun mengikuti kegiatan sikat gigi bersama, Senin (12/09/2022) lalu. Seremoni acara peringatan dihadiri Bupati Karimun, Dr. H.  Aunur Rafiq, S Sos M Si selain dihadiri secara langsung oleh siswa-siswi SD IT Darul Mukmin dan SD Negeri 07 Tanjungbalai Karimun bersama para undangan lainnya. 

Acara Peringatan HKGN Kabupaten Karimun diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Karimun bersamaan peringatan yang sama di seluruh Indonesia secara serentak.  Bupati Karimun dalam pidato pengarahannya mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Saat berpidato dia mengajak para siswa untuk berinteraksi, dengan memberikan beberapa kuis berupa pertanyaan kepada siswa. Kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan diberikan hadiah. 

Selanjutnya bupati menekan tombol sirene tanda dimulainya kegiatan hari kesehatan gigi nasional dengan mempersilakan seluruh siswa untuk menyikat giginya. Sebelumnya para dokter gigi memberikan penjelasan, bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Setelah melihat satu per satu para siswa yang tengah menyikat giginya, bupati melanjutkan meninjau siswa-siswi yang tengah memeriksakan giginya di ruangan yang sudah ditentukan. Bupati masuk ke ruangan menyaksikan dokter gigi memeriksa gigi para siswa.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan 'sikat bersama' yang digagas oleh Dokter Gigi Indonesia, termasuk yang saat ini berlangsung di Kabupaten Karimun. Tujuannya antara lain untuk memotivasi anak-anak sekolah agar menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar. Caranya adalah dengan rajin menyikat gigi. Begitu bupati mengingatkan dalam penjelannya.

Mengutip pernyataan bupati di media online radioazam.id dia mengatakan, “Ini merupakan kegiatan secara nasional dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, yang melibatkan 500.000 anak termasuk di Kabupaten Karimun. Kegiatan ini juga merupakan program dalam memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) dan dilakukan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).” Jika rekor Muri ini tercapai, berarti Kabupaten Karimun mempunyai andil sebanyak 2000 orang di antaranya. Termasuk yang saat pelaksanaan kegiatan tengah berada di halaman dan di ruang SDIT Darul Mukmin. 

Bupati mengatakan, Pemkab Karimun sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar PDGI Kabupaten Karimun, dengan harapan semoga anak-anak di Kabupaten Karimun terutama yang berada di acara ini termotivasi untuk terbiasa hidup sehat, salah satunya dengan memelihara kesehatan gigi dan mulut melalui sikat gigi dua kali sehari. Lebih dari itu bupati juga mengingatkan untuk memeriksakan gigi ke dokter setiap enam bulan sekali. Mudah-mudahan anak-anak dan orang tua termotivasi melalui kegiatan ini. 
Dari panitia pelaksana kegiatan diperoleh informasi bahwa untuk angka 2000 orang anak di Kabupaten Karimun PDGI Kabupaten Cabang Karimun menggandeng enam sekolah dan dipusatkan di tiga titik, yakni di SDIT Darul Mukmin, SDIT Cendikia dan SD Negeri 007 Tebing. Tujuan peringatan HKGN kali ini adalah untuk mencapai Indonesia bebas varies atau kerusakan gigi di tahun 2030. Konon karena masih banyak ditemukan dalam preaktek sehari-hari, anak-anak yang masih rawan dengan kerusakan gigi. Sesungguhnya kerusakan gigi dapat dicegah dengan sederhana, yakni menyikat gigi secara rutin. Begitu dijelaskan oleh salah seorang dokter. Selamat Hari Kesehatan Gigi Nasional, selamat untuk anak Indonesia.***




SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: