11 Okt 2022

Pengurus Kwarran Sugie Besar Dikukuhkan


LENGKAP sudah kepengurusan Kwarran (Kwartir Ranting) Gerakan Pramuka Kecamatan se-Kabupaten Karimun, setelah dikukuhkannya kepengurusan Kwarran Kecamatan Sugie Besar, Ahad (09/10/2022) lalu. Sebelumnya telah dikukuhkan pengurus Kwarran Kecamatan Selat Gelam. Dua kecamatan ini adalah kecamatan pemekaran terbaru melengkapi 12 kecamatan yang sudah ada sebelumnya. Kini terdapat 14 Kwarran di Kwarcab Kabupaten Karimun.

Ketua Kwarcab Kabupaten Karimun, H. Anwar Hasyim bersama pengurus Kwarcab lainnya hadir ke Desa Nyiur Permai, lokasi pengukuhan kepengurusan Kwarran Sugie Besar untuk melantik secara langsung para pengurus terpilih hasil Musran (Musyawarah Ranting) Kwarran Sugie Besar. Dilaksanakan di ruang Labor IPA SMA Negeri 2 Moro Desa Nyiur Permai prosesi pengkuhan berjalan lancar. Ruang labor yang disulap menjadi aula itu tampak terisi penuh oleh pengurus yang dilantik dan pengurus Kwarcab yang mendampingi Kakwarcab.

Dengan SK Kakwarcab No 12 Tahun 2022 ditetapkan para pengurus Mabiran (Majelis Pembimbing Kwarran) dan Pengurus Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Sugie Besar masa bakti 2022-2025. Samat, S Sos MSi selaku Camat Sugie Besar ditetapkan sebagai Ketua Mabiran. Didamping Bambang Hermanto, M Si selaku Wakil Ketua Mabiran, Suwito selaku Sekretaris dan Putri Wahyuni sebagai Bendahara serta enam orang anggota Mabiran lainnya mereka akan mendampingi pengurus Kwarran dalam menjalankan roda kepengurusan Kwarran ke depan. Ketua Kwarran terpilih Agus Suhendra, S Sos dengan beberapa orang pengurus lainnya akan menjadi penentu jalannya roda kepengurusan tersebut setelah resmi dikukuhkan. 

Kakwarcab yang sehari-hari adalah Wakil Bupati Karimun dalam pengarahannya saat mengukuhkan pengurus Kwarran Sugie Besar menyampaikan beberapa hal. Katanya, antara lain, pengurus ini adalah kepengurusan yang akan pengukir sejarah pramuka di Sugie Besar karena inilah kepengurusan awal setelah lahirnya Kecamatan Sugie Besar. Tentu saja tugas dan tanggung jawabnya sangat besar dan berat, berbanding pengurus lanjutan nanti setelah periode ini habis. Begitu dijelaskan Pak Anwar Hasyim.

"Salah satu tujuan dan target gerakan kepramukaan adalah untuk mencetak generasi terampil dan berakhlak (karakter) sesuai agama adalah tantangan berat bagi kita, khususnya kepengurusan ini." Kata Kakwarcab, inilah target generasi ke depan sebagai pengganti generasi saat ini. Oleh karena itu ajaklah peserta lainnya untuk jadi anggota Pramuka. Demikian Kakwarcab memberikan arahan kepada pengurus Kwarran baru ini. 

Kakwarcab juga mengingatkan pentingnya ilmu pengetahuan dan agama disejalankan. Dengan ilmu orang akan memiliki cara dan strategi dalam menajalankan tugas dan tanggung jawab. Di sisi lain, dengan agama yang memberikan arahan yang baik, otomatis akan menajdikan seseorang terarah dan teratur dalam melaksanakan kerja dan tanggung jawab. Untuk itu penting juga memberikan pemahaman yang baik kepada orang tua agar orang tua ikut mendorong anak-anak untuk beraktifitas di kepramukaan.

Tidak lupa Kakwarcab memberi semangat bahwa Kwarcab akan terus memperhatikan Kwarran di Kabupaten Karimun. Perhatian itu bisa berupa pembinaan dan pelatihan serta keterampilan dalam kepramukaan, juga bisa dalam bentuk keuangan. Pak Anwar Hasyim menjelaskan bahwa jika anggaran Kwarcab sudah stabil, akan ada bantuan juga ke Kwarran di seluruh Kabupaten Karimun. Demikian dia menutup pengarahannya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Komentar