29 Nov 2022

Catatan dari Lomba Baca Puisi Tingkat SLTP-SLTA Karimun


MASIH dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November, Koridor Seni Sastra Karimun (KOSKA) dengan dukungan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karimun, Pemda Kabupaten Karimun melalui Dinas Pendidikan Kabupaten melaksanakan Lomba Membaca Puisi Tingkat SLTP dan SLTA se-Kabupaten Karimun. Kegiatan dihelat di Gedung Nasional Karimun, Sabtu (26/11/2022) pagi hingga siang.

Pada acara pembukaan tampak hadir Asisten III Karimun Bidang Administrasi Umum, Dr. Junaidi, MSi mewakili Bupati yang beralangan hadir. Hadir juga yang mewakili Kapolres dan beberapa pejabat lain. Asisten III, Pak Junaidi memberikan sambutan pengarahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutan pengarahannya, Pak Junaidi mengatakan bahwa lomba baca puisi bertemakan “Pahlawan” sudah jarang dilaksanakan. Katanya, “Semoga saja ke depan nanti, KOSKA bisa berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk lebih sering melaksanakan event seperti ini.” 

Ikut memberikan sambutan pada acara pembukaan adalah Ketua KNPI, Ganar Septiadi. Dalam sambutannya antara lain dia menjelaskan, “KNPI sebagai induk organisasi kepemudaan serta wadah bagi para generasi muda tentunya akan senantiasa mendukung KOSKA dalam melaksanakan kegiatan kesusasteraan. Seperti lomba puisi ini yang sangat banyak memberikan dampak positive untuk pemuda serta pelajar perlu kita dukung.”

Dari Ketua KOSKA, Tengku Junizar diperoleh penjelasan bahwa peserta lomba membaca puisi ini terdaftar sebanyak 33 orang, terdiri dari siswa SLTP (SMP dan sederajat) serta siswa SLTA (SMA sederajat). Semua yang hadir tampil membawakan puisi ciptan mereka. Keluar sebagai juara untuk tingkat SLTA adalah Anisha Febriana Ismi Nursa Putri dari SMAN 2 Karimun. Sedangkan juara kedua dan ketiga adalah Gita Safitri siswi SMAN 4 Karimun, dan Sarah siswi SMAN 1 Karimun.

Untuk tingkat SLTP juaranya adalah Rhegyt Cahya Primadina dari SMPN 1 Karimun. Juara kedua dan ketiga adalah Cinthia Aerda Sari dari SMP Negeri 3 Meral dan Win Roland Gempita Alam juga dari SMP Negeri 1 Karimun. Kata salah seorang Dewan Juri ketika mengumumkan pemenang, semua peserta adalah pemenang karena mereka merupakan peserta terbaik dari sekolahnya masing-masing. Jadi, tidak perlu bersedih jika di sini belum berhasil. Begitu dikatan oleh juri.  Tiga orang juri yang diberi amanah menilai dalam lomba ini adalah M. Rasyid Nur (penyuka literasi), Dedi Wahyudi (Kasek/ penulis puisi) dan Irfan (penyair) Karimun.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar