24 Nov 2022

Piala Dunia, Kejutan Kedua, Jerman Dibuat Tak Nyaman


SETELAH Argentina dibuat keok oleh Arab Saudi 1-2 kemarin, Rabu (23/11/2022) malam ini giliran Jepang membuat kejutan di Piala Dunia Qatar 2022. Menyaksikan siaran langsung salah satu chanel televisi, setelah bermain 97 menit, Kesebelasan Jerman dibuat tidak nyaman oleh Kesebelasan Jepang. Skor pun sama, 1-2 seperti Argentina- Arab Saudi, 1-2 untuk kekalahan Jerman. 

Piala Dunia kali ini sepertinya akan menyuguhkan kejutan-kejutan. Apakah karena dihelat di negeri muslim yang pengelolaannya tentu saja akan banyak terkait aturan-aturan dan kebiasaan-kebiasaan dalam agama Islam, entahlah. Atau karena kekuatan para kesebelasan yang dulu dianggap berat sebelah, kini mungkin sudah berimbang.

Malam ini Jepang berhasil menaklukkan Jerman. Hasil yang tidak diduga sebelumnya. Seperti sudah kita ketahui Jerman unggul 1-0 di babak pertama lewat penalti Ilkay Guendogan. Jepang justeru membalikkan keadaan menjadi 2-1 di paruh kedua lewat gol Ritsu Doan dan Takuma Asano. Sungguh di luar dugaan semua orang. 

Laganya sendiri kita lihat Jerman menutup mulut mereka saat sesi foto tim. Konon, ini dilakukan sebagai simbol penolakan larangan kampanye One Love oleh FIFA. Tapi itu tentu tidak ada kaitannya dengan kejutan Jepang yang membungkam Jerman. Jepang membobol gawang Jerman lewat serangan balik maha cepat. Tapi gol ini tak disahkan karena Daizen Maeda terlihat lebih dulu offside.

Saat Jerman mendapat hadiah pinalti saat setengah jam pertandingan berjalan karena David Raum dijatuhkan kiper Jepang, Shuichi Gonda, di kotak terlarang, Guendogan maju sebagai eksekutor. Jerman sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna,1-0 untuk Jerman. Lalu jual beli serangan terjadi.

Selanjutnya Jepang menyamakan kedudukan pada menit ke-75 ketika Ritsu Doan menyambar bola muntah tepisan Neuer. Dan selanjutnya, seperti kita ketahui Jepang membalikkan keadaan delapan menit berselang. Takuma Asano mendapat bola lambung, sebelum menaklukkan Neuer dari sudut sempit.

Kejutan kedua ini kebetulan dilakukan oleh kesebelasan Benua Asia juga, sebagaimana Arab Saudi menumbangkan Argentina itu. Bagi kita rakyat Indonesia dan sebagai penggemar bola tidak salah jika merasakan kegembiraan juga atas kejutan kedua ini. Malah semakin baik jika kita berharap pada babak selanjutnya, nanti kesebelasan Benua Asia tetap bisa mengimbangi Benua Eropa dan Amerika. Bisakah?***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Komentar