6 Des 2022

Pertemuan Haji Terkahir dan Pertama Kelompok Haji 2018 Karimun


INILAH pertemuan silaturrahim haji terakhir sekaligus pertama dalam Kelompok Haji Angkatan 2018 Karimun. Ahad (04/12/2022) siang menjelang petang di rumah H. Tarmizi. Pertemuan bulanan yang sudah berlangsung selama tiga tahunan sejak pertama kali di tahun 2019 diikuti sebagian besar anggota. Kebetulan beberapa orang anggotanya beralangan. 

Kelompok Silaturrahim Haji Angkatan 2018 beranggota 60-an orang pada mulanya. Saat ini masih eksis 40-an orang. Selama covid 19 merajalela pertemuan rutin bulanan ini memang tidak terlaksana. Sesuai kebijakan pemerintah, tidak diboleh berkumpul saat itu maka pertemuan rutin rumah ke rumah anggota ditiadakan sementara.

Kelompok Haji angkatan 2018 asal Kabupaten Karimun yang kebetulan berdomisili di Pulau Karimun sejak 2019 lalu bersepakat untuk membuat semacam kelompok silaturrahim. Kelompok ini adalah kelompok haji dan keluarga di luar IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) yang di setiap daerah memang sudah ada. Anggota IPHI adalah para haji-hajjah yang secara otomatis menjadi anggotanya sekembali dari haji di Tanah Suci. Sementara kelompok haji ini hanyalah atas dasar kebersamaan selama di Tanah Suci.

Di daerah ini terdapat beberapa kelompok silaturrahim haji yang tujuanya untuk tetap menjalin silaturrahim sesama anggota yang pernah bersama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Masa-masa 40-an hari di Mekkah dan Madinah bukanlah waktu yang sebentar. Suka-duka bersama ketika melaksanakan aktifitas haji telah menyatukan perasaan. Pergi dan pulang ke Nabawi atau Al-Haram selalu bersama. Itulah dasar membuat kelompok silaturrahim ini lahir di Tanah Air, khususnya di kampung sendiri.


Seperti kelompok atau semacam organisasi lainnya, Kelompok Silaturrahim Haji 2018 ini memiliki pengurus. Ada ketua, sekretaris dan bendahara. Awal terbentuk kelompok haji 2018, ketuanya dipercayakan kepada H. Muslim, Sekretarisnya, Hj. Carmita dan bendaharanya, Hj. Hajar. Beberapa kegiatan dilaksanakan, seperti pertemuan bulanan ini. Setiap anggota membayar iuran anggota seabagai uang arisan. Dan setiap pertemuan dicabutlah undi untuk yang menerima uang arisannya.

Setelah berjalan beberapa lama saat ini ketuanya adalah H. Ramli disebabkan H. Muslim berpulang kerahmatullah. H. Ramli sendiri dipilih dan diberi amanah oleh anggota pada pertemuan di rumah salah seorang anggota beberapa bulan yang lalu. Sementara sekretaris dan bendaharanya tetap nama sebelumnya.

Untuk informasi, selain Pak Ketua yang telah 'berangkat' mendahului anggota lainnya, terdapat beberapa orang lainnya yang juga sudah menghadap Allah Swt. Adapun beberapa anggota yang telah berpulang kerahmatullah hingga saat ini antara lain, H. Malik (Ajo Malik), H. Darwis dan isterinya Hj. Latifah. Juga sudah pergi H. M. Tahir dan H. Mhd. Saleh. Melalui tulisan ini, mari kita doakan mereka mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt, amin.

Anggota arisan yang saat ini masih diberi kesempatan bersama bertekad akan meneruskan Kelompok Haji Angkatan 2018 ini sebagai kelompok silaturrahim haji. Pertemuan di rumah Pak H. Tarmizi ini adalah pertemuan terakhir dalam periode pertama sejak dibukan tahun 2019 lalu. Sekaligus pertemuan terakhir ini menjadi pertemuan pertama untuk periode kedua. Semoga saja ke depan tetap lancar dan aman pertemuannya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar