15 Des 2022

Prancis Berhasil Menjinakkan 'Singa Atlas' untuk Maju ke Final Piala Dunia


ANDA menyaksikan siaran langsung (live) laga Prancis melawan Maroko? Kalau iya, alhamdulillah. Terbayarlah rasa mengantuk. Sudah kita ketahui hasilnya, juara bertahan Prancis, itu akan menantang Argentina di final Piala Dunia Qatar 2022. Ayam Jantan berhasil menjinakkan Singa Atlas, Maroko, 2-0. Laga Kamis (15/12/2022) ini adalah laga partai semifinal kedua setelah bentrokan antara Argentina melawan Kroasia  pada semifinal pertama, malam sebelumnya. 

Kedua gol kemenangan Prancis diciptakan oleh Theo Hernandez di awal babak pertama dan Randal Kolo Muani di pertengahan babak kedua. Meskipun gol pertama terasa terlalu cepat namun tambahan gol kedua itu terjadi begitu lama. Dalam kurungan serangan Maroko Prancis memang tampak bertahan sambil mencuri serangan balik. Dan serangan balik itu pula yang menggandakan kemenangan Prancis.

Mengulas sedikit jalannya pertandingan, setelah kick off kedua kesebelasan mencoba membangun serangan masing-masing. Baru saja si kulit bundar bergulir lima menit, Prancis sudah berhasil membuka keunggulan lewat gol Theo Hernandez itu. Kita saksikan, ini berawal dari kemelut di jantung pertahanan Maroko, Theo melepas tembakan voli yang tak bisa dibendung Yassine Bounou, 1-0.

Maroko tersengat dan mencoba membalas lewat tembakan jarak jauh yang dilepas Azzedine Ounahi. Tapi upaya ini masih terselamatkan oleh penjaga gawang Prancis, Hugo Lloris. Selanjutnya pada menit ke-17, giliran Olivier Giroud yang memperoleh peluang emas. Sukses lolos dari penjagaan Romain Saiss, Giroud melepas tembakan keras yang sayangnya masih menerpa tiang. Sepertinya tendakan kencang itu tidak akan terbendung oleh Bounou jika saja tidak menerpa tiang kanannya.

Sejatinya di akhir babak pertama itu, Maroko bisa menyamakan kedudukan. Sayangnya, salto Jawad El Yamiq masih mengenai tiang. Usaha keras Maroko belum terkabul menjelang babak ini usai. Dan pasca istirahat serta beberapa penggantian pemain dilakukan oleh kedua kesebelasan gol pemecah kebuntuan Maroko tak kunjung datang. Begitu juga gol tambahan dari serangan balik sesekali Prancis juga tidak ada.
Dari kasat mata kita meski hanya melihat di layar kaca, pasukan Ayam Jantan semakin percaya diri. Permainannya semakin efektif berbanding pasca gol awal itu. Serangan pun mulai dibangun dan membuat pertahanan Maroko agak kewalahan. Dan gol itu datang kembali. Prancis menggandakan keunggulan pada menit ke-78. Ini melihat catatan jam di layar kaca. Gol ini dari kelincahan Kylian Mbappe membawa si kulit bundar. Dari sudut sempit sebelah kanan pertahanan Maroko, bola disodorkannya dan Muani timnggal mendorong bola itu, 2-0 untuk Prancis. Gol ini tampak membuat pemain Maroko lemah. Penonton yang pro Maroko pasti juga akan terbawa lemah.

Satu hal yang juga perlu dicatat adalah bahwa laga adalah salah satu laga yang mendebarkan sekaligus mengagumkan. Laga antara Prancis vs Maroko di ajang Piala Dunia Qatar, 2022 ini membuat penonton berdecak kagum. Kita yang menyaksikan siaran langsung terasa begitu memuaskan pertandingan ini. Apalagi jika kita berada di stadionnya. Pasti, sedikit lupa rasa mata ngantuk pada saat seharunys kita tidur. 

Ini suguhan permainan kelas atas meskipun Maroko sejak awal dipandang sebagai kesebelasan kelas dua. Faktanya laga ini sangat menghibur dan juga mendebarkan. Terlepas dari kehebatan dan kecerdikan Prancis yang akhirnya memenangkan laga ini dengan skor 2-0 namun sebagian waktu permainan Maroko sanggup mengurung areal pertahanan Prancis. Ancaman demi ancaman disuguhkan Maroko.

Satu pemandangan yang juga menarik adalah ketika kemera menyorot kedua pelatih negara ini. Tampak pelatih Maroko malah lebih enjoy mimik mukanya. Sejatinya dia dalam tekanan karena dalam posisi tertinggal. Namun dia tampaknya begitu tenang. Dia tampak terus memompa semangat pemainnya untuk terus menyerang. Dan pemain-pemain Maroko benar-benar maksimal melakukan perjuangan. Hanya saja, Prancis memang layak ke final karena mampu memenangkan. Dia memang sukses menjinakkan Singa Atlas yang begitu ganas sejak babak penyisihan.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar