12 Des 2022

Rapat FKUB nan Kilat Tapi Padat


INILAH rapat pengurus FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Karimun yang paling ringkas. Begitu cepat tapi padat. Tidak perlu waktu berlama-lama. Padahal agendanya lumayan berat. Membahas rencana keberangakatan pengurus FKUB Kabupaten Karimun ke FKUB Bintan, Kepulauan Riau. Undangan rapat tertulis pukul 09.00. Bertempat di ruang rapat Kantor FKUB Kabupaten Karimun. Di samping kiri-depan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

Sebelum pukul 09.00 ternyata sudah ada pengurus yang hadir, Pak H. Zailani. Saya sendiri tiba di depan kantor pukul 09. 03. Agak terlambat tiga menit. Saya melihat Pak H. Zailani menuju Kantor Kementerian Agama. Harusnya ke Kantor FKUB. "Mau kemana, Pak?" Saya tanya, mengapa tidak ke Kantor FKUB. Pak Jai (begitu saya biasa menyapa) menjelaskan kalau rapat pengurus FKUB dipindahkan ke lantai dua Kantor KementerianAgama. Tepatnya di ruang kerja Kepala Kantor, Pak Jamzuri. Saya ikut mengubah haluan langkah ke Kankemenag.

Ternyata di ruang Pak Kemanag sudah ada salah seorang pengurus FKUB, Pak Muhiri. Dia lagi ngobrol dengan Kepala Kantor, Pak Jamzuri. Saya dan Pak Jai akhirnya sama-sama masuk. Kami duduk berempat di sofa ruang kerja Kakankemenag itu. Sambil menunggu pengurus lainnya kami ngobrol-ngobrol 'kesana-kemari'.

Setelah beberapa orang pengurus lainnya juga hadir beberapa menit berikutnya, kami sepakat memulai saja rapat. Tepat pukul 09.15 kami mulai. Pak Kakankemenag meminta persetujuan semua yang hadir untuk memulai rapat. Dia sendiri yang memimpin rapat. "Kita mulai saja, ya? Sambil menunggu teman-teman," tanya Pak Jam ke kami.

Setelah menjelaskan agenda rapat, tentang rencana kunjungan ke FKUB Bintan, Pak Jam menjelaskan keuangan yang sudah diberi Pemda. Pak Jam juga mengatakan bahwa semua pengurus wajib berangkat karena sudah dianggarkan. "Hari ini kita memastikan siapa saja yang akan berangkat." Begitu Kakankemenag itu menjelaskan. Dia menjelaskan jumlah uang yang ada dan rencana kegiatan yang akan dilakukan di sana.

Jadwal kegiatan juga sudah dibuat oleh Sekretaris, Pak H. Endang. Tercantum di file yang dikirimkan Pak Endang ke grup WA perihal jadwal keberangkatan dan urutan kegiatan yang akan dilalui selama kunjungan. Dalam pembicaraan juga disampaikan rencana tempat menginap selama di Bintan. Intinya penjelasan perihal awal berangkat sampai jadwal kembali sudah dibuat. Itulah yang disampaikan Pak Jam.

Karena tidak ada yang memerlukan pembahasan berat maka rapat pun selesai dalam waktu kurang dari setengah jam. Kecuali salah seorang anggota yang menyatakan tidak bisa ikut, disimpulkan semua pengurus akan berangkat. Rapat pun ditutup. Inilah rapat kita tapi dengan agenda berat dan padat.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar