7 Jan 2023

Peluncuran Buku Syairan Kerinduan dan Ketuhanan Karya Iwan Kurniawan


BUKU puisi berjudul Syairan Kerinduan dan Ketuhanan, Renungan Iwan Kurniawan karya H. Iwan Kurniawan, SPd hari Jumat (06/01/2022) kemarin diluncurkan. Bertempat di halaman SMA Negeri 4 Karimun, Bati, acara peluncuran buku Seri ke-2, dihadiri oleh Sekda Kabupaten Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, MSi yang hadir sekaligus selaku Ketua LAM (Lembaga Adat Melayu) Provinsi Kepri, Kabupaten Karimun. Iwan Kurniawan sendiri adalah selah seorang pengurus di LAM Kecamatan Tebing.

Tampak juga hadir salah seorang anggota DPRD Kabupaten Karimun, Sumardi yang sehari-hari menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Kabupaten Karimun. Ada juga pejabat dari Danlanal Kabupaten Karimun, dari Dandim, KSOP, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun mewakili Kepala Dinas dan beberapa pejabat lainnya. Sebagai tuan rumah, acara peluncuran dihadiri para guru dan beberapa siswa SMA Negeri 4 Karimun.

Prosesi acara peluncuran diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan puisi dengan gaya (lagu) syair oleh salah seorang siswa. Acara berikutnya sambutan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepri yang diwakili oleh Zulfriadi. Sambutan berikutnya dari Sekda yang sekaligus menyatakan secara resmi peluncuran buku puisi berukuran 21x29,7 cm dengan tebal 159 halaman.


Dalam sambutannya, Sekda Karimun menyatakan apresiasi Pemerintah Kabupaten Karimun atas diluncurkannya buku karya Iwan Kurniawan. "Teruslah berkarya karena akan menjadi catatan sejarah," katanya. Firmansyah juga menghimbau para guru dan siapa saja yang suka literasi untuk menulis buku. Dengan menulis dan menerbitkan buku berarti kita sudah mengembangkan literasi di daerah ini. Kurang lebih begitu dia memberi motivasi agar menulis buku.

Iwan Kurniawan sendiri menyatakan rasa gembiranya karena dapat menulis buku dan menerbitkannya. "Saya pertama menulis pada saat saya sakit. Pakai kursi roda, tapi saya tetap bersemangat. Kini untuk buku saya ini, alhamdulillah saya sudah sehat. Saya akan terus menulis, terutama sastra dan budaya Melayu." Demikian Iwan mengatakan dalam sambutannya saat peluncuran.

Di bagian akhir acara, Sekda berkenan membagi-bagikan buku Iwan kepada beberapa orang yang hadir termasuk kepada pengelola Perpustakaan SMA Negeri 4 Karimun. Semoga buku ini beredar luas dan akan menjadi salah satu bahan bacaan oleh guru dan siswa serta masyarakat pada umumnya.*** (Catatan M. Rasyid Nur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar