2 Feb 2023

Lima Negara Muslim Terbesar dan Terkuat di Dunia (Hajinews)



MENYIMAK berita di laman hajinews.id hari Senin (30/01/2023) dengan judul '5 Negara Muslim Terbesar dan Terkuat di Dunia' tetaplah ada rasa bangga di hati. Tapi tulisan yang diposting Mas Ruhi, itu sekaligus menimbulkan rasa lainnya. Rasa apa, gitu. Mungkin rasa nano-nano, gitu. Dikatakan bahwa negera-negera Islam yang dikategorikan besar dan kuat, itu adalah Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar dan Brunei Darussalam. Tentu saja tidak ada kaitannya dengan perasaan kita itu.

Lima negera, ini disebutkan memiliki keunggulannya masing-masing. Menurut berita itu bahwa Negara-negara tersebut juga memiliki kekuatan dalam banyak hal, termasuk ekonomi. Mari kita simak penjelasan versi hajinews.id lebih detail perihal kekuatan dan kehebatan negara-negara itu:

1. Iran

Iran merupakan negara Islam dengan penduduk 86,8 juta jiwa, berdasarkan laman Worldometer (data diambil pada 24 Januari 2023). Seorang pengacara asal Balochistan,  Abdul Rasool Syed, menyampaikan dalam artikelnya di Daily Times, bahwa Iran memiliki banyak kekuatan. Salah satunya adalah letak geografis Iran yang sangat strategis.

Iran juga memiliki kekayaan dari sumber daya hidrokarbon dan menjadi negara yang menyediakan cadangan minyak bumi terbesar di dunia, setelah Venezuela, Arab Saudi, dan Kanada. Sementara itu, cadangan gas alam di negara ini juga sangat melimpah.

Negara ini juga termasuk kuat dari sisi militer. Global Firepower menyebut bahwa Iran mempunyai tank lebih dari 4 ribu unit dan artileri roket seribu unit. Sementara itu, total pesawat tempur Iran diketahui berjumlah 541 unit dan helikopter melebihi seratus unit. Iran memiliki 575 ribu personel militer aktif dan 350 ribu personel cadangan.

2. Arab Saudi

Arab Saudi adalah salah satu negara Islam besar dan kuat di dunia. Melansir laman Worldometers, negara itu memiliki 36,2 juta penduduk. Kekuatan Saudi yang paling terasa adalah cadangan minyaknya. Secara keseluruhan, Saudi menjadi salah satu negara yang menyimpan cadangan minyak terbesar di dunia. Lebih dari 15% sumber daya minyak dunia ada di Arab Saudi.

Prediksinya, minyak tersebut akan mampu bertahan selama lebih dari 60 tahun. Sementara itu, gas alam yang ada di Saudi mampu bertahan selama 70 tahun. Arab Saudi juga masuk dalam jajaran 50 negara terkaya di dunia dengan PDB sebesar USD 833,54 miliar.

Negara ini memiliki personel militer aktif sebanyak 225 ribu. Untuk jumlah alutsista yang berhasil terdata adalah 1.273 tank, 897 unit pesawat, 258 unit helikopter, dan 34 unit helikopter serang.

3. Uni Emirat Arab (UEA)

UEA memiliki penduduk 10,20 juta orang dan terkenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Laman World Data menyebut, UEA memiliki PDB sebesar 415,02 miliar.

Menurut PBB, UEA adalah negara yang kemajuan ekonominya tinggi karena indeks pembangunan manusianya sebesar 0,911. Negara ini memiliki total personel militer aktif mencapai 65 ribu orang dengan alutsista yang juga tak boleh dipandang sebelah mata. UEA mempunyai setidaknya 274 tank, 565 unit pesawat, 222 unit helikopter, dan 30 helikopter serang.

4. Qatar

Nama Qatar kembali terkenal kala menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 lalu. Negara Islam ini memiliki 3 juta penduduk dan menduduki peringkat ke-4 dari 50 negara terkaya di dunia. Kekuatan ekonomi Qatar ini tentunya sangat diperhitungkan di kancah internasional. Qatar memiliki PDB sebesar USD179,86 miliar dengan indeks pembangunan manusia sebesar 0,855.

5. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan negara Islam yang merdeka pada 1 Januari 1984. Dari sisi populasi, Brunei memiliki penduduk yang sangat sedikit, yakni hanya 448 ribu jiwa. Namun, negara ini memiliki banyak kekuatan. Ekonomi negara ini termasuk baik dengan pertumbuhan yang konsisten. Tingkat inflasinya rata-rata adalah 1,5% selama 20 tahun terakhir.

Selain itu, Brunei juga kaya akan minyak dan gas alam. Melansir laman ASEAN-China, perekonomian Brunei ditopang oleh minyak dan gas selama puluhan tahun belakangan. Ada 5 negara yang melakukan hubungan perdagangan dengan Brunei, yakni Jepang, Singapura, China, Malaysia, dan Uni Emirat Arab.

Bagaimana dengan negara kita? Saya yakin kita juga sepakat kalau Indonesia juga besar dan kuat. Besarnya adalah karena penduduknya yang sangat ramai. Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Lalu tentang kekuatan? Kita juga kuat karena menjaga nilai-nilai kebersamaan dan persatuan. Itulah kekuatan kita. Selebihnya tergantung dan akan ditentukan oleh kita sebagai rakyat dan pemerintahnya.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar