4 Apr 2023

7 Gejala Sakit Ginjal (Artikel Hajinews)


Foto dari Hajinews.id 

CATATAN kesehatan ini sepenuhnya disalin dari website https://hajinews.id/2023/04/02/ dengan judul tulisan, Jangan Sampai Luput! Ini 7 Gejala Sakit Ginjal Tahap Awal yang diposting Mas Ruhi pada hari Ahad (02/04/2023) kemarin. Selengkapnya tulisan itu dituliskan kembali di halaman ini untuk menjadi tambahan bacaan penggemar tanaikarimun.com. Selamat membaca!

Mengidentifikasi penyakit ginjal bisa jadi sulit karena gejala mungkin tidak muncul sampai penyakitnya sudah lanjut dan ginjal sudah rusak. Karena sulit dideteksi, kebanyakan orang dengan penyakit ginjal sama sekali tidak menyadari kondisi mereka pada tahap awal.

Terlepas dari itu, tetap penting untuk menyadari tanda-tandanya, sekecil apa pun. Oleh karena itu, pengobatan diperlukan bahkan sebelum gejalanya menjadi lebih jelas. Bahkan, orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal, seperti penderita diabetes atau penderita tekanan darah tinggi, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ginjal secara rutin setiap tahun.

Semakin dini masalah ginjal terdeteksi, semakin besar kemungkinan kondisi tersebut dapat segera diobati. Berikut kita bahas apa saja gejala penyakit ginjal tahap awal. 

1) Pembengkakan di Kaki;

Seseorang akan mulai melihat adanya edema atau pembengkakan di kaki saat mengalami masalah ginjal. Saat bagian yang bengkak ini ditekan dengan jari, maka akan terbentuk cekungan yang tidak langsung hilang saat tekanan dilepaskan.

Dijelaskan laman Narayana Health Care, saat fungsi ginjal mulai menurun, terjadi retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan di tulang kering dan pergelangan kaki. Jadi, apabila kamu tiba-tiba mengalami edema di kaki, segera temui dokter untuk untuk evaluasi fungsi ginjal.

2) Perubahan Urine;

Salah satu fungsi utama ginjal adalah memproduksi urine. Jadi, kamu harus selalu memperhatikan urine saat memantau tanda-tanda awal penyakit ginjal.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, berbagai masalah buang air kecil mungkin terjadi. Menurut Urology Specialists of the Carolinas, beberapa gejala yang harus diwaspadai termasuk:Adanya darah dalam urine. 
Peningkatan kebutuhan untuk buang air kecil.
Urine keruh.
Urine berbusa.

3) Selalu Lelah;

Ginjal menyaring limbah dari darah dan mengirimkannya melalui kencing. Saat ginjal mengalami penurunan fungsi, racun dapat menumpuk.

Salah satu petunjuk umum dari penumpukan racun adalah kelelahan, dikutip dari laman WebMD. Akibatnya, kamu jadi mudah lelah, tidak bertanaga, dan sulit fokus.

Ginjal juga memproduksi hormon yang memberi tahu tubuh untuk membuat sel darah merah. Jika kamu memiliki lebih sedikit hormon ini, darah tidak dapat memberikan oksigen sebanyak yang dibutuhkan otot dan otak, yang menyebabkan kamu menjadi kurang bertenaga.

4) Mual dan Muntah pada Pagi Hari;

Salah satu tanda paling awal dari fungsi ginjal yang memburuk adalah mual pada pagi hari. Mual dan muntah mungkin juga muncul saat sedang menyikat gigi.

Diterangkan laman Narayana Health Care, ini juga berkontribusi pada nafsu makan individu yang memburuk. Pada gagal ginjal stadium akhir, pasien mungkin mengalami muntah secara terus-menerus dan kehilangan nafsu makan sama sekali.

5) Tekanan Darah Tinggi;

Tekanan darah tinggi juga dapat menjadi tanda adanya masalah pada ginjal. Setiap orang yang didiagnosis dengan hipertensi harus menjalani pemeriksaan ginjal secara mendalam untuk mengetahui apakah hipertensi disebabkan oleh masalah pada ginjal.

Menurut laman Narayana Health Care, saat fungsi ginjal memburuk, ada retensi natrium dan air yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Gejala hipertensi meliputi sakit kepala, sakit perut, dan pingsan.

6) Kulit Gatal;

Gatal dapat terjadi saat ginjal tidak dapat mengeluarkan racun hingga akhirnya menumpuk di darah, dikutip dari laman WebMD. Itu dapat menyebabkan ruam atau gatal di sekujur tubuh.

Lama-kelamaan, ginjal kesulitan menyeimbangkan kadar mineral dan nutrisi lainnya dalam tubuh. Ini selanjutnya dapat menyebabkan penyakit mineral dan tulang, yang dapat membuat kulit kering dan gatal.

7) Rasa Logam pada Lidah;

Sangat umum bagi orang dengan penyakit ginjal untuk mengalami perubahan selera makan. Limbah yang menumpuk dalam darah dapat membuat makanan terasa seperti logam dan meninggalkan rasa pahit di mulut.

Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan kamu kehilangan selera makan karena makanan favoritmu pun akan terasa berbeda. Selain membuat makanan terasa berbeda, penumpukan limbah juga bisa menyebabkan bau mulut.

Jika kamu mengalami tanda-tanda awal penyakit ginjal ini atau memiliki kondisi medis yang meningkatkan risiko, kamu harus menjadwalkan janji temu dengan dokter sesegera mungkin.
Itulah pesan-pesan dari website tersebut yang menurut saya (pemosting) penting kita pahami. Syukur jika kita dapat segera mengantisiapsinya kalau ada gejalanya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar