15 Mei 2023

Catatan Malam Penutupan STQH X di Coastal Area


Catatan M. Rasyid Nur
HELATAN STQH (Seleksi Tilwatil Quran dan Hadits) ke-10 Provinsi Kepri Tahun 2023 telah usai. Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Hj. Marlin Agustina menutup secara resmi perhelatan STQH pada Ahad (14/05/2023) malam di Panggung Kemuning Coastal Area Karimun. Hadir pada malam penutupan, itu para pimpinan Forkopimda Provinsi Kepri serta beberapa orang Kepala OPD selain Bupati dan semua pejabat tinggi Kabupaten Karimun.

STQH ke-10 Tingkat Provinsi Kepri berlangsung selama enam hari (09-14/ 05/2023) di beberapa lokasi lomba. Selain di Astaka Utama Coastal Area (Tilawah Dewasa dan Anak-anak) lomba juga dihelat di Masjid Baiturrahman Karimun (Cabang Tahfiz, 1,5 dan Tilawah), Masjid Agung Karimun (Cabang Tahfiz 10,20 dan 30 juz) dan Balai Haji Kabupaten Karimun (Cabang Tafsir dan Hadits).

Untuk STQH ke-10 Provinsi Kepri, ini Kota Batam keluar sebagai juara umum dengan perolehan point 71 angka, disusul Kabupaten Karimun di tempat kedua (38 point), Kota Tanjungpinang peringkat ketiga (22 point), Kabupaten Lingga peringkat keempat (18 point), Kabupaten Bintan peringkat kelima (16 point), Kabupaten Natuna peringkat keenam (9 point), dan Kabupaten Anambas peringkat ketujuh (5 point).
Perolehan Point STHQ 2023

Malam itu, Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, MSi selaku tuan rumah menyerahkan piala bergilir Gubernur Kepri kepada Ibu Wagub untuk selanjutnya diserahkan kepada Wali Kota Batam, HM Rudi sebagai peraih juara umum. Ketiganya kelihatan senyum satu sama lainnya. Bu Wali dan Bupati Karimun tersenyum tentu karena STQH telah berjalan dengan baik dan sukses. Sementara Pak Rudi tersenyum tentu saja karena dia berhasil meraih piala bergilir itu.

Pak Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa kesuksesan dan kelancaran perhelatan STQH ke-10 Kepri ini adalah berkat kerja sama seluruh komponen di Karimun. “Kesuksesan pelaksanaan STQH adalah berkat kolaborasi dan kerja sama dan kerja keras semua pihak serta antusias masyarakat Karimun ini,” jelasnya. Adalah benar, jika pekerjaan seberat ini akan tetap berjalan dengan baik jika dikerjakan secara bersama-sama. Bupati bersyukur karena semua pihak bahu-membahu dalam menyukseskan helatan ini.
Piala Bergilir STQ Diserahkan

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil Gubernur, Bu Marlin. Selain itu dia juga berpendapat kalau STQH ini membawa dampak positif terhadap peningkatan penghasilan pelaku usaha di Karimun ini, khususnya di kota Tanjungbalai Karimun. kelihatan sekali misalnya di pelabuhan, perhotelan, UMKM dan lainnya meningkat penghasilnanya selama berlangsungnya STQH di Karimun.

Sebagai masyarakat, kita tentu saja sangat bersyukur atas peningkatakan penghasilan masayrakat ini. Tidak berlebihan kita ucapkan, alhamdulillah karena STQH juga berdampak positif di bidang ekonomi rakyat. Para pedagang kecil entah di kedai, di pelabuhan, di pasar atau di beberapa tempat lainnya merasakan pengaruh STQH ini. Pelaku UMKM yang berjualan selama STQH berlangsung juga merasakan dampak positfnya. 

Setidak-tudaknya begitulah disampaikan gubernur, wakil gubernur dan bupati. Kalau itu benar, sekali lagi kita sebagai rakyat dan masyarakat Karimun ikut senang dan bangga. ***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar