21 Mei 2023

Pelepasan Jamaah Haji dan Halal Bi Halal IPHI Kabupaten Karimun




Laporan M. Rasyid Nur
PENGURUS Daerah (PD) IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun, Sabtu (20/05/2023) melaksanakan acara Pelepasan Jamaah Haji (JH) Kabupaten Karimun yang disejalankan dengan acara Halal Bil Halal PD IPHI Kabupaten Karimun 1444. Acara dihelat di Gedung Balai Haji Kabupaten Karimun, Tebing, Karimun.

Acara Pelepasan JH dan Halal Bilhalal diikuti oleh para JH Kabupaten Karimun yang berdomisili di Pulau Karimun (Kecamatan Karimun, Tebing, Meral dan Meral Barat) saja. "Para jamaah calon haji di luar Pulau Karimun hanya kita himbau. Tidak kita paksakan mengingat sempitnya waktu bagi JH," kata Ketua PD IPHI, H. Haris Fadillah saat rapat persiapan acara beberapa waktu lalu. 

Prosesi acara diawali pembacaan alquran oleh salah seorang hajjah dari PC Tebing setelah sebelumnya dilaksanakan acara Tepuk Tepung Tawar. Berturut-turut Sambutan perwakilan Jamah Haji yang disampaikan oleh Sarpan SAg. Pak Sarpan dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam kesibukan kita menyiapkan rencana keberangkatan haji i ini, saya sebagai Ka KUA dan sekaligus sebagai Jamaah Haji cukup sibuk. Harus menyiapkan manasik haji kecamatan selama 8 hari. Sebagai pelaksana (panitia) sekaligus sebagai peserta. Demikian dia menjelaskan dalam sambutannya.

Pak Sarpan juga menyampaikan terima kasih ke PD IPHI yang telah melaksanakan manasik haji gladi posko. "Dari praktik inilah kita lebih tahu, bagaimana pelaksanaan haji yang nanti akan dilaksanakan," katanya. Di bagian akhir sambutannya dia juga menyampaikan permohonan mohon maaf untuk kehidupan selama ini. Berharap, dengan sudah saling memaafkan akan memberi kemudahan bagi yang berangkat untuk melaksanakan haji. Doakan kami sebagaimana kami juga akan mendaoakan orang yang kami tinggalkan, katanya.

Ketua IPHI, H. Haris Fadillah yang memberikan sambutan mengawali dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi bantuan, baik materi maupun moril untuk pelaksanaan kegiatan ini. Karena masih suasana Syawal, Pak Haris juga menyampaikan ucapan maaf dan saling memaafkan, minal aidin walfaizin. Dia menyampaikannya dengan sebait pantun,

Naik haji ke Tanah Suci
Dari Batam ke Madinah
Selagi masih di Idul Fitri
Mohon maaf silap dan salah

Tentang pelepasan Jamaah Haji oleh IPHI ini tiap tahun dilaksanakan, katanya. "Pada tahun ini kita awali kemarin dengan melaksanakan Manasik Haji Gladi Posko Umroh dan Haji. Semoga praktik haji dan umroh yang kita laksaakan itu bermanfaat buat para jamaah haji yang akan berangkat." Katanya lagi, "Hari ini kami lepaskan secara resmi atas nama PD IPHI. Sementara dari Pemerintah nanti juga akan ada acara khusus pelepasan di Rumah Dinas Bupati," katanya menjelaskan.

Pak Haris juga menjelaskan bahwa jumlah jamaah yang hadir saat ini hanya sebgaian saja mengingat masih banyak yang melaksanakan walimatussafar. Jamaah dari luar Pulau Karimun juga tidak dipaksakan untuk hadir pada hari ini. Begitu dia menjelaskan.

Acara pelepasan haji ini juga mendengarkan sambutan dan pengarahan atas nama bupati yang disampaikan oleh Pak H. Ramli, Staf Ahli di Kantor Bupati. Dia berharap, jamaah Kabupaten Karimun menjaga kesehatan, jaga kekompakan, doakan daerah kita ini tetap aman dan kondusif. Pemerintah juga berterima kasih kepada IPHI yang selalu melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini. "Mari terus kita jaga persatuan dan kenyamanan di daerah kita."  

Di bagian akhir adalah Tausiah Agama yang disampaikan oleh Buya Sinambela yang mengawali ceramahnya dengan keutamaan yang diberikan Allah kepada para jamaah haji. Katanya, "Wafdhullah yang Allah berikan kepada mereka adalah kesempatan diijabah Allah doanya mulai berangkat hingga balek kembali plus 40 hari tanpa kabair," jelasnya. Makanya kita selalu berharap doa dari mereka yang baru saja kembali dari Tanah Suci.

Pak Sinembela panjang lebar memberikan penjelasan tentang hikmah haji yang sangat penting bagi jamaah yang akan berangkat dan juga bagi yang mendengarnya meskipun tidak akan berangkat. Acara berjalan lancar dari awal hingga akhir yang ditutup dengan salam-salaman dan foto bersama.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar