23 Mei 2023

Pelepasan JCH Kabupaten Karimun 1444 Berjalan Haru


Catatan M. Rasyid Nur
SEPERTIA tahun-tahun sebelumnya, pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun musim haji 1444 (2023) ini berjalan penuh haru. Acara terakhir dari serangkaian acara yang dihelat Pemda Kabupaten untuk mempersiapkan dan melepaskan keberangkatan JCH yang dihelat di halaman rumah dinas Bupati Karimun, Selasa, 23 Mei 2023 pagi, itu sangat haru terutama bagi keluarga JCH yang ditinggalkan.

Dapat disaksikan kalau sejak pagi hari, pukul 06.30 para keluarga, handai tolan dan sanak famili sudah hadir di halaman rumah dinas Bupati Karimun yang terpasang tenda cukup besar. Hujan yang mengguyur Kota Karimun sejak subuh tidak menyurutkan niat keluarga dan pengantar lainnya untuk mengikuti prosesi pelepasan JCH Karimun tahun 2023 itu.

Ramai pengantar hanyut oleh rasa haru dan bahagia mewarnai pelepasan keberangkatan JCH pagi itu. Rintik hujan dan gerimis yang turun tidak menjadi kendala bagi keluarga untuk bersama. Tangis haru dan bahagia dari keluarga, kerabat dan pengantar saat melepas JCH untuk menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci adalah bukti betapa kekeluargaan terjalin di sini.

Tampak hadir pada acara Pelepasan JCH Pemda Karimun antara lain, Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim, perwakilan Forkopimda Kabupaten, Ketua DPRD Yusuf Sirat, Sekda Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, Pimpinan OPD, para Ketua Ormas dan masyarakat umum lainnya. Prosesi acara diawali pembacaan ayat suci Alqur’an yang dikumdandangkan oleh  qori Amirullah Syahputra. Lalu dilanjutkan dengan acara adat, tepuk tepung tawar.

Bupati Karimun dalam sambutannya mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji, selamat pergi dan selamat kembali kepada seluruh JCH yang duduk rapi dengan seragam khas, batik hijau di hadapan bupati yang sedang berpidato. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah, katanya disambut rasa haru oleh JCH dan juga keluarga.


Mengulang data laporan yang disampaikan Kakankemenag sebelumnya bupati menyampaikan bahwa total JCH Kabupaten Karimun tahun 2023 ada sebanyak 168 orang. Namun JCH yang tergabung dalam keloter 1 pada gelombang pertama menuju Madinah ini hanya sebanyak 145 orang. Sedangkan 23 JCH lagi tergabung di keloter lainnya akan berangkat tanggal 23 Juni 2023 nanti.

Seperti dilaporkan oleh Kakankemenag, H. Jamzuri bahwa dari semua JCH ini terdiri dari Kecamatan Karimun 31 orang, Meral 39 orang, Tebing 28 orang, Meral Barat 5 orang, Kundur 25 orang, Kundur Utara 4 orang, Kundur Barat 4 orang, Moro 1 orang, Durai 4 orang, Buru 1 orang, Belat 2 orang dan Ungar 1 orang. "Semuanya lengkap. Semua kecamatan di kabupaten ada peserta yang berangkat haji," jelas Pak Jam. Pak Jamzuri juga menjelaskan JCH yang tertua dan termuda pada musim haji 1444 ini. 

"Lelaki tertua adalah atas nama Safari usia 80 tahun dari Kecanatan Karimun, sedangkan yang termuda atas nama Angga Rifky Hadiyanto usia 23 tahun dari Kecamatan Kundur. Sementara untuk wanita atas nama Tukiratin Rais Kasan Salim usia 88 tahun dari Kecamatan Kundur, sementara yang termuda adalah atas nama Adilah Zafira Putri usia 26 tahun dari Kecamatan Karimun." Demikian Pak Jam menjelaskan sebagai laporannya.

Satu hal yang terkesan bagi kita yang ikut pada acara ini adalah rasa haru dan sedih sekaligus rasa bahagia dari JCH dan juga dari para keluarga yang mengantarkannya. Acara ditutup dengan bersalaman sambil menuju ke pelabuhan Tanjung Balai Karimun untuk selanjutnya masuk kapal yang akan mengantarkan ke Batam. Selamat menunaikan haji, ya dhuyufurrahman.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar