8 Jun 2023

Rapat Penyusunan Program MUI


SETELAH beberapa kali melaksanakan rapat terbatas dengan hanya unsur pimpinan, pada hari Rabu (07/06/2023) ini dilaksanakan rapat lengkap. Ini rapat pertama bersama. Seluruh pengurus MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Karimun masa bakti 2022-2027 yang baru saja dikukuhkan beberapa waktu lalu hadir dalam rapat pertama ini. 

"Inilah rapat pertama kita setelah kepengurusan periode 2022-2027 dikukuhkan. Alhamdulillah hadir hampir semua kecuali beberapa orang yang melapor tidak bisa hadir," kata Ketua MUI Karimun, Drs. H. Afrizal saat memulai rapat.

Rapat hari ini dengan agenda penyusunan program kerja tahun 2023 berjalan dengan lancar. Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua MUI, Drs. H. Afrizal juga didampingi oleh wakil ketua dan para ketua. Sebagaimana disampaikan oleh pimpinan rapat ada 12 (dua belas) komisi yang akan menyampaikan langsung rencana program kerjanya. Ke-12 komisi tersebut adalah, 1) Komisi Fatwa; 2) Komisi Ukhwah Islamiyah; 3) Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat; 4) Komisi Pendidikan dan Kaderisasi; 5) Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat.

Komisi lainnya adalah, 6) Komisi Informasi dan Komunikasi; 7) Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga Sakinah; 8) Komisi Hukum dan Perundang-undangan; 9) Komisi Pengkajian dan Pengembangan; 10) Komisi Seni dan Budaya Islam; 11) Komisi Hubungan Luar Negeri; dan 12) Komisi Kerukunan Umat Beragama. 

Setiap komisi memaparkan program masing-masing disertai rencana anggarannya. Diharapkan juga menyampaikan waktu pelaksanaannya. Secara umum pemaparan langsung oleh Ketua Komisi dengan pengecualian beberapa komisi yang disampaikan oleh anggota komisi karena ketuanya beralangan hadir. Setiap pemaparan langsung ditanggapi jika ada masukan dari komisi lain. Jika tidak ada tanggapan maka rencana program itu ditetapkan menjadi program kerja MUI Kabupaten Karimun tahun 2023.

Rapat berlangsung selama tiga jam, dari pukul 09.00 sampai menjelang masuk waktu zuhur. Ketua MUI memberikan tanggapan terakhir secara keseluruhan sebelum rencana program ditetapkan menjadi program kerja MUI. Semua kesepakatan itu akan disatukan menjadi program untuk pedoman melaksanakan kegiatan pada tahun 2023 ini. Sebelum waktu zuhur rapat pun selesai.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar