13 Mei 2024

Bupati Lepas Secara Resmi Jamaah Calon Haji ke Embarkasi


Catatan M. Rasyid Nur
SETELAH beberapa kali mengikuti kegiatan pelepasan haji, tibalah saatnya Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun mengikuti prosesi peleasan terakhir oleh Pemda Kabupaten Karimun. Jika sebelumnya setiap jamaah sudah mengikuti berbagai kegiatan pelepasan di rumahnya, di kecamatannya masing-masing dan juga mungkin di kantornya, maka Ahad (12/05/2024) pagi ini semua JCH Kabupaten mengikuti acara pelepasan terakhir. Pemda Karimun melaksaakan prosesi pelepasan untuk berangkat menuju embarkasi sekaligus bupati melepas secara resmi.

Dilaksanakan di halaman Rumah Dinas Bupati acara bertajuk "Pelepasan Jamaah Haji Kabupaten Karimun 1445/ 2024" itu diikuti oleh 129 orang jamaah dari 130 orang jamaah Kabupaten Karimun yang berkesempatan berangkat pada musim haji ini. "Satu orang sebagai PHD (Petugas Haji Daerah) Provinsi sudah duluan ke Batam untuk melaksanakan tugas," jelas salah seorang pegawai Kemenag Kabupaten Karimun, Samsudidn yang menjadi panitia pemberangkatan haji Karimun. Jadi, yang ikut pelepasan pagi ini hanya 129 orang.

Para JCH mengikuti prosesi acara pelepasan

Dalam acara ini hadir pejabat utama kabupaten, K1, K2 dan K3. Selain bupati (K1), hadir juga Wakil Bupati (K2) dan Sekda (K3) Kabupaten Karimun. Tampak juga para pimpinan Forkopimda --Kapolres, Dandim, Danlanal, Kepala Pengadilan Negeri-- hadir bersama masyarakat, keluarga para jamaah yang akan berangkat. Para jamaah sendiri duduk di sebelah kanan arah panggung dengan menggunakan batik warna ungu.

Prosesi acara diawali dengan pembacaan ayat suci alquran oleh salah seorang qoriah Kabupaten Karimun. Dilanjutkan laporan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri selaku Staf Pelaksana Tugas Haji Kabupaten Karimun. Jamzuri melaporkan rincian jamaah haji setiap kecamatan se-Kabupaten Karimun. 

Acara selanjutnya adalah sambutan dan pengarahan Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si selaku koordinator Staf Pelaksana Tugas Haji Kabupaten Karimun. Dalam sambutannya bupati menyampaikan beberapa pesan kepada para Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun. "Jagalah kesehatan, kebersamaan dan semangat selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

"Ibadah haji adalah ibadah pisik, artinya diperlukan kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan setiap rukun dan wajib haji. Maka jagalah kesehatan. Berkonsultasi dengan tim kesehatan jika ada masalah kesehatan," pesannya. Kekompakan dan kebersamaan juga harus dijaga. Saling membantu satu dengan lainnya supaya dimudahkan dalam pelaksanaan ibadah. Demikian bupati antara lain berpesan. 
Tepuk tepung tawar JCH

Sebelum berangkat meninggalkan lokasi acara dilaksanakan upacara tepuk tepung tawar sebagai upacara adat Melayu dalam setiap melaksanakan satu kegiatan yang peting. Beberapa orang jamaah ditepuk-tepung-tawar secara simbolis mewakili semua jamaah yang akan berangkat. Tepuk tepung tawar diawali oleh bupati, Wakil Bupati dan Sekda. Selanjutnya beberapa orang pejabat utama lainnya juga memberikan tepuk tepung tawar yang diakhiri dengan doa oleh H. Abdul Wahab Sinambela sebagai penepuk terakhir.

Selanjutnya para jamaah meninggalkan lokasi acara untuk bergerak menuju pelabuhan Tanjungbalai Karimun. Mereka akan ke embarkasi Batam melalui Pelabuhan Sekupang, Batam. Selamat jalan para jamaah, para dhuyufurrahman, semoga selamat sampai di Tanah Suci dan selamat kembali ke Tanah Air dengan mendapatkan predikat haji mabrur-mabruroh.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar