14 Mei 2024

Mendampingi Calon Haji ke Embarkasi


SETELAH dilepas bupati melalui acara Pelepasan Jamaah Haji Kabupaten Karimun 1445/ 2024, para Jamaah Calon Haji (JCH) langsung berangkat menuju Batam. Tepatnya akan ke embarkasi, Hang Nadim Batam. Melewati lorong yang dibuat masyarakat sepanjang dari Rumah Dinas ke Pelabuhan para JCH kelihatan menyalami masyarakat yang berdiri di sepanjang kiri-kanan mereka.

Para jamaah didampingi oleh panitia pemberangkatan yang sudah ditetapkan Pemda Kabupaten Karimun. Sebagian pengantar dan pendamping dari staf Bagian Kesra, Setda Kabupaten Karimun, sebagian lagi ada yang dari Pengurus IPHI dan para tokoh agama/ masyarakat. Para pendamping ikut bersama dalam kapal yang berangkat dari Pelabuhan Karimun menuju Pelabuhan Sekupang, Batam. Saya ikut bersama para pengantar lainnya atas nama Ketua MUI Kabupaten Karimun yang beralangan untuk ikut berangkat ke Batam.
Jamaah bersiap 

Berangkat pukul 09.00 WIB dari Pelabuhan Internasional --bersifat istimewa-- kapal Ocianna sampai di Pelabuhan Sekupang Batam pukul 10.45. Sekitar pukul 11-an siang itu para jamaah bersama pengantar melanjutkan perjalanan menggunakan bus pariwisata Batam ke Asrama Haji, Batam Centre, Batam. Malam ini para jamaah akan bermalam di asrama khusus untuk jamaah haji, itu sebelum berangkat besok hari ke Bandara Hang Nadim, Batam.

Sesuai jadwal kegiatan jamaah selama di asrama, siang ini setelah istirahat di Aula Asrama Haji para jamaah melaksanakan salat zuhur dilanjutkan makan siang yang sudah disiapkan penitia pemberangkatan jamaah haji Provinsi. Menjelang pendaftaran sekitar pukul 13.00 para jamaah masih istirahat di aula berpenyejuk ruangan itu.

Terdengar panitia memberi pengumuman kegiatan yang harus diikuti jamaah mulai magrib nanti hinnga istirahat untuk tidur. Dijelaskan bahwa pukul 03.00 dini hari para jamaah harus sudah siap untuk mengikuti prosesi pelepasan sebelum masuk ke dalam bus. Lalu bus akan mendrop jamaah di Bandara Hang Nadim untuk selanjutnya berangkat menuju Jeddah, Arab Saudi.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar