2 Jun 2024

Tiga Kegiatan dalam Satu Kunjungan


HARI Ahad (02/06/2024) ini Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos, M Si melaksanakan kunjungan ke Pulau Kundur setelah sebelumnya singgah di Pulau Parit. Ada tiga kegiatan yang dilakukan Bupati di hari yang sama di dua pulau itu. Itu pun kurang dari satu hari karena bakda zuhur bupati harus segera kembali ke Tanjungbalai Karimun untuk bersiap berangkat keluar Daerah. Info dari orang dekatnya, sore ini dia akan berangkat ke Jakarta lagi.

Ikut mendampingi Bupati dalam kunjungan ini beberapa orang pejabat daerah antara lain, Kepala Dinas PUPR dan beberapa Kepala OPD lainnya. Ada juga beberapa orang tokoh agama dan tokoh masyarakat. Bupati lazimnya memang selalu membawa beberapa orang dalam rombongannya dalam setiap kunjungannya di daerah-daerah.

Berangkat pukul 06.10 WIB melalui pelabuhan Pinang Sebatang, Tanjungbalai Karimun rombongan bupati singgah di Pulau Parit untuk menghadiri undangan walimatussafar keberangkatan haji salah seorang tokoh masyarakat Pulau Parit. Pak Rizal, demikian nama warga itu akan berangkat menunaikan ibadah haji menggunakan paket plus visa furoda. Konon dia harus merogoh koceknya sebesar Rp 400 jt untuk satu orang dirinya. Tentu saja dia tidak perlu antri sebagaimana haji reguler yang perlu 20-an tahun menunggu.

Tepat pukul 06.30 rombongan bupati tiba di rumah sohibul hajat, Pak Rizal. Acara pagi ini sederhana saja karena acara sesungguhnya akan dilaksanakan pada pukul 09.00 nantinya. Namun karena bupati harus melaksanakan dua kegiatan lainnya di Pulau Kundur maka acara di rumah Pak Rizal dilaksanakan pagi-pagi begitu. 

Setelah bupati menyampaikan sambutan dan dibalas sambutan oleh Kepala KUA, H. Mukhlis sebagai mewakili Pak Rizal dilanjutkan doa yang dipandu oleh Kakankemenag Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri. Selanjutnya makan kue-kue yang disediakan tuan rumah. Lalu rombongan kembali ke pelabuhan untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Kundur. 

"Ada dua kegiatan menunggu di sana, masing-masing wisuda santri TPQ (di Kundur Utara) dan pelantikan pengurus LAM (di Tanjungbatu)," jelas Bupati kepada tuan rumah tentang keberangkatannya ke Pulau Kundur. Dia menjelaskan harus buru-buru ke sana. 

Sekitar pukul 07.05 kapal yang membawa rombongan bupati sampai di Pelabuhan Tanjungberlian. Perjalanan diteruskan menggunakan mobil. Beberapa pejabat Kundur Utara sudah standbay di pelabuhan menunggu rombongan. Pukul 07.25 rombongan bupati sudah sampai di lokasi acara, di depan Kantor Camat Kundur Utara. Inilah acara Wisuda Santri TPQ se-Kecamatan Kundur Utara. Cukup lama bupati di acara ini. 

Prosesi acaranya sendiri cukup banyak, antara lain diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Karimun dan Solawat Busyro setelah sebelumnya ada penampilan Tari Persembahan. Berturut-turut acara berikutnya adalah laporan Ketua Panitia oleh Candra Wahidin dan Sambutan oleh Bupati Karimun. 


Ketua panitia menyampaikan ucapakan terima kasih keapda bupati dan rombongan yang dapat hadir pada acara tersebut. Dilaporkannya bahwa peserta wisuda santri ini ada sejumlah 211 orang. "Tadinya ada 212 orang, tapi ada yang beralangan hadir," katanya dalam laporannya. Sedangkan TPQ yang ikut dalam wisuda ini sejumlah 18 TPQ. Demikian dikatakan Candra Wahidin.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan antara lain, pentingnya wisuda ini sebagai bukti bahwa anak-anak kita sudah menamatkan satu fase pembelajarannya di TPQ. Untuk itu para guru, ustaz/ ustazah hendaklah bersungguh-sungguh dan bersemangat dalam membimbing dan mengajar anak-anak. Katanya, semoga anak-anak kita ini kelak menjadi Insan Qurani. 

"Atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan terima kasih dan selamat atas wisuda ini. Terima kasih kepada Ustaz zah yang mengajarkan Al-Qur'an kepada para santri," katanya. Lebih jauh bupati mengatakan, meski mendapat insentif dari Pemerintah Daerah tapi yang utama adalah pahala dari amal jariah dari para guru itu sendiri. Demikian dia mengakhiri sambutannya.

Dari Kundur Utara rombongan akan menersukan perjalanan ke Tanjungbatu untuk mengikuti acara pelantikan pengurus LAM (Lembaga Adat Melayu) lima kecamatan sekaligus. Masing-masing pengurus LAM Kecamatan Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat, Belat dan Kecamatan Ungar. Ketua Umum LAM Provinsi Kepri Kabupaten Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, M Si melantik dan mengukuhkan sekaligus para pengurus LAM lima kecamatan di Pulau Kundur dan sekitarnya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar