1 Jan 2024

Selamat Tahun Baru, Kami di Negeri Seberang


Catatan M. Rasyid Nur
BERANGKAT hari Rabu (27/12/2023) pagi rombongan Tour Tiga Negera, Malaysia, Singapura dan Thailand berjumlah 40-an orang akan kembali ke Karimun pada hari Senin (01/01/2024) awal tahun baru. Perjalanan akan diawali dari Singapura melalui Johor. Dari Pelabuhan Tanjungbalai Karimun menyeberang ke Pelabuhan Putri Harbour, Johor Baru.

Jadwal perjalanan sendiri, setelah satu hari hingga malam berlibur di Singapura, di malam hari pertama ini kami meneruskan perjalanan dengan bus dari travel Arena Nusa Jaya Sd Berhad, Malaysia ke Thailand. Tepatnya ke Hatyai, Thailand Selatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Melewati beberapa Negeri (provinsi) Negara Malaysia kami menyeberang ke Thailand melalui Negeri Kedah. Dua hari di sini, 28-29 Desember 2023 kami kembali ke Malaysia, tepatnya ke daerah bersuhu sejuk, Cameroon Haighlands. Satu malam di sini, besok malamnya, malam tahun baru, kami menuju ke Kuala Lumpur.

Memasuki tahun baru 2024 ini kami berkesempatan berada di Negeri Jiran, ini persisnya di Ibu Kota (lama) yang lebih dikenal saat ini dengan sebutan KL. Seperti tahun-tahun beberapa tahun silam, sebelum datangnya covid ke negeri kita, kami dari Karimun hampir rutin setiap tahun bertahun baru ke 'negeri seberang' ini.

Saya ingat, waktu itu saya dan isteri bersama beberapa --ramai-- orang para teman di setiap akan mengakhiri tahun selalu ada waktu berlibur ke seberang ini, Malaysia atau Singapura adalah dua negeri jiran yang kami kunjungi. Sesekali sampai pula ke Thailand, Hatyai khususnya. Daerah Thailand Selatan ini memang berbatasan langsung dengan Malaysia. Mudah untuk dikunjungi melalui jalan darat via Malaysia.

Sebagai masyarakat Karimun yang berbatasan langsung dengan Malaysia atau Singapura, jika musim liburan kami memang lebih memilih ke Negeri Jiran itu daripada ke Jakarta, misalnya. Bukan karena sok Luar Negeri. Semata biaya lebih murah saja. Ongkos kapal laut dari Karimun ke Johor sebagai pintu masuk elatif murah berbanding pesawat atau bus ke Ibu Kota Indonesia itu.

Ujung tahun 2023 ini kembali kami ikut teman-teman ke Malaysia. Kali ini jadwal perjalanannya termasuk ke Singapura dan Thailand. Tiga Negara sekaligus. Berangkat 27 Desember akan kembali 1 Januari. Bertahun barunya di luar negeri alias negeri seberang. Tepatnya di Kuala Lumpur.

Jadi, tahun ini kami mengucapkan selamat tahun baru di Negeri Jiran. Selamat tahun baru, 2024. Semoga tahun ini hidup kita lebih sukses dan berkah.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar