31 Mei 2023

Doa Selamat Berangkat Haji Kapolres oleh Pemda


Catatan M. Rasyid Nur
KOORDINASI antar anggota Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah/ FKPD) Kabupaten Karimun adalah salah satu yang terakrab di Provinsi Kepri bahkan mungkin di Tanah Air. Hubungan baik antar anggota Forkopimda Kabupaten Karimun terkenal sebagai satu persahabatan yang akrab antara satu dengan lainnya. Di bawah koordinasi Bupati, Kapolres, Dan Lanal, Dandim, Kajari, Ka-PA dan pejabat lainnya terjalin sangat akrab. Itu terlihat dari setiap kegiatan diantara lembaga, akan selalu dihadiri oleh pimpinan lembaga lainnya dalam forum ini. Sekurang-kurangnya ada perwakilan dari Forkopimda.

Malam ini, Selasa (30/05/2023) bertempat di Rumah Dinas Bupati, hubungan pertemanan nan akrab itu kembali ditunjukkan oleh Bupati Karimun bersama jajarannya, dengan melaksanakan Doa Selamat Kapolres Isteri yang akan berangkat menunaikan haji tahun 1444/ 2023 ini. Secara khusus, Bupati bersama MUI dan LAM Kabupaten Karimun. Dengan membuat acara selamat berangkat haji dalam bentuk menghelat acara Tepuk-Tepung Tawar yang secara khusus dibuat untuk memberi doa restu kepada Kapolres Karimun, AKBP Riky Widya Muharam, SH SIK dan isteri tercinta, drg. Meity Meyderlin dapat disimpulkan betapa hubungan baik antar mereka sangatlah kuat. Acara ini sepenuhnya dilaksanakan oleh Pemda dan jajarannya bersama ormas yang terkait.

Hadir pada acara terbilang sakral itu antara lain Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos MSi bersama isteri dan Wakilnya, H. Anwar Hasyim serta Ketua DPRD Kabupaten Karimun, M. Yusuf Sirat. Pejabat penting lain yang juga hadir adalah Sekda Kabupaten Karimun, Dr. H. Muhammad Firmansyah, M Si, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta semua Kepala OPD yang ada di lingkungan Pemda Kabupaten Karimun. Tidak ketinggalan diundang bupati adalah pimpinan beberapa ormas serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya. 

Acara yang dimulai setelah magrib berjamaah di Rumah Dinas Bupati dengan diawali pembacaan doa yang dipandu oleh salah seorang pengurus MUI, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua MUI Kabupaten Karimun, Drs. H. Afrizal sekaligus mewakili LAM dan masyarakat secara umum. Dilanjutkan pula pidato dari Kapolres sebagai orang yang didoakan untuk berangkat haji ini. Pidato terakhir adalah dari bupati sendiri. Barulah acara skaral Tepuk Tepung Tawar oleh sembilan orang tokoh yang diawali oleh bupati sendiri. 

Dalam pidato singkat Pak Ryky, dia menjelaskan kronologis ia terpilih untuk berangkat tahun ini. Dia ceritakan kalau dia mendaftar sejak kurang-lebih 11 tahun yang lalu. Dia menyatakan berterima kasih kepada Bupati dan Pemda Kabupaten Karimun yang telah membuat acara ini. "Saya malu dan haru serta bangga menerima penghargaan seperti ini," katanya dalam sambutannya. 

Bupati juga banyak mengulas perihal kebersamaan diantara pejabat dan masyarakat di Kabupaten Karimun dalam pidatonya mengingatkan pentingnya semua pihak menjaga keamanan dan kenyamanan darah kita ini. Dia sangat berharap agar kabupaten ini terus kondusif sehingga memudahkan dalam menggerakkan pembangunan. Pak Bupati juiga berterima aksih kepada pihak Polri di Karimun yang telah membuat daerah ini aman dan kondusif. 

"Meskipun Pak Kapolres tak menduga atau tak meminta dibuat acara tapi beginilah warga Karimun. Apalagi seorang pimpinan, masyarakat Karimun tidak membiarkan berangkat begitu saja." Demikian dikatakan Bupati menjelaskan bahwa kegiatan ini murni keikhalsan masyarakat melalui pemerintah dan para tokoh masyarakat ini. 

"Semoga Pak Kapolres dan isteri selamat berangkat, selamat kembali dan menjadi haji mabrur-mabrurah," kata bupati menutup sambutannya. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan utama lainnya, yaitu Menepuk Tepung Tawar, tradisi Melayu yang mengandung makna doa keselamatan untuk orang yang dihajatkan. Sebanyak 9 orang tokoh mewakili masyarakat Kabupaten Karimun untuk memberikan Tepuk Tepung Tawar. Dibuka oleh bupati, ditutup oleh Buya Sinambela yang sekaligus dengan doa.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar