6 Jun 2023

Melihat Perayaan P5 SMA Negeri 2 Karimun


Catatan Siti Nurbaya AZ 
PERAYAAN IKM (Impelemntasi Kurikulum Merdeka) berupa Proyek Penguatan Profil Pengamalan Pancasila (P5) kelas 10 SMA Negeri 2 Karimun untuk tahap kedua terlaksana dengan baik, Selasa (30/05/2023) pagi hingga siang. Acara yang melibatkan 8 (delapan) rombongan belajar (rombel/ kelas) dihelat di halaman SMA Negeri 2 Karimun. Hadir, selain orang tua siswa yang tergabung dalam peguyuban kelas X1 s.d. X8 antara lain beberapa orang Kepala Sekolah, pejabat Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepri di Karimun dan Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos MSi bersama rombongan. 

Beberapa kegiatan yang ditampilkan pada perayaan di setiap stand kelas antara tampilan tarian dengan mengangkat tarian Budaya Melayu. Secara midley semua kelas menampilkan tariannya. Sementara proyek pembuatan tanjak dan karya siswa dari sampah yang didaur ulang seperti kompos, bunga-bungaan dari palstik ditampilkan dalam bentuk bazar di setiap stand kelas masing-masing. Ada pula jualan makanan tradisional seperti kue bangkit, lakse, epok-epok, opak-opak, es (minuman) laksamana mengamuk dan lain-lainnya.
Tampilan Lagu Profil Pancasila

Sejatinya acara ini sudah dilaksanakan beberapa pekan sebelumnya. Sempat tertunda beberapa kali, setelah Perayaan ke-1 dari tiga perayaan yang diprogramkan. Atas kesepakatan pelaksana proyek dengan sekolah, Perayaan ke-2 dengan tema Kearifan Lokal dan Perayaan ke-3 dengan tema Kewirausahaan digabung menjadi satu perayaan yang dilaksanakan pada hari ini.

Prosesi acara diawali dengan tampilan pencak silat oleh X4 sebagai penghormatan kepada pejabat dan undangan yang hadir. Selanjtunya penampilan Tari Persembahan yang dibawakan oleh grup tari kelas X4 di bawah binaan saya sebagai Wali Kelasnya. Berturut-turut acaranya, menyanyikan lagu kebangsaan dan solawat busyro serta doa. Teakhir sambutan-sambutan, dari siswa (perwakilan kelas X), Kepala Sekolah dan Bupati Karimun.
Foto Bersama Kepala dan X4

Alhamdulillah mereka para penari tampil dengan baik meskipun sedikit tampak canggung karena disaksikan langsung oleh orang nomor satu Kabupaten Karimun. Selepas tari pembukaan (persembahan) ditampilkan 8 tari oleh 8 kelas secara midley. Satu kebanggaan mereka tampil di depan penonton yang begitu banyak. 

Saya sendiri bahkan terbawa perasaan dan teringat masa lalu, ketika masih berstatus sebagai siswa seperti mereka itu. Saat itu saya juga sering tampil mengisi acara-acara yang dihelat sekolah. Kebanggaan kami guru melihat semua kelas --X1, X2, X3, X4, X5, X6, X7 dan X8-- tampil secara simultan tanpa jeda membawakan tari masing-masing kelasnya. Selain itu, mereka juga tampil dalam acara lainnya. Bangganay akita sebagai guru.
Penari Tari Persembahan

Beberapa orang siswa yang diberi amanah petugas acara juga tampil dengan baik, masing-masing Siti Zuleha (X1) yang bertindak sebagai pembawa acara bersama M. Akbar (X5). Sementara untuk memandu doa dipercayakan kepada M. Rizky (X1) dan sebagai pemimpin lagu Indonesia Raya dan Sholawat Busyro dipercayakan kepada Septi Hariani (X4).

Meskipun ada jadwal peninjauan stand oleh pejabat yang hadir (bupati, dll) namun karena bupati masih ada acara lainnya, dia tidak bisa berkeliling stand bazar siswa. Namun demikian, dia menitipkan uang pembelian barang di setiap stand sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) sebagai bentuk partisipasinya berbelanja di stand bazar siswa. Sehabis dia berpidato, rombongan bupati meninggalkan SMA Negeri 2 Karimun untuk memenuhi undangan salah satu sekolah yang melaksanakan acara perpisahan. Dia mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas pelaksanaan proyek sebagai impelementasi kurikulum merdeka yang dilaksanakan sekolah ini.***

*Hj. Siti Nurbaya AZ, SE adalah Guru Ekonomi/ Walas X4 SMA Negeri 2 Karimun

SHARE THIS

Author:

Sarjana Ekonomi yang sangat mencintai dunia Pendidikan, terus belajar menjadi guru yang berdedikasi tinggi.

Facebook Comment

9 komentar:

  1. Keren buk👍👍👍🤩🤩🤩
    -syafitry heryati X.3

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Bu perkenalkan saya diwi mariatun dari kelas x.8 saya hanya ingin mengatakan kalau saya bangga bersekolah di SMAN 2 KARIMUN,kualitas yang memumpuni serta dengan ada nya kurikulum merdeka yang baru pertamakali saya rasakan dan rasa nya sangat luar biasa,SMANDAKA...sekolah ku sayang sekolah ku gemilang

    BalasHapus
  3. Hai semua saya inriyani Fortuna s.s dari kelas x.6 memang si sman2karimun keren banget ga nyesel sekolah di sini. apalagi kalo kalian kenal anak² x.6 ramah sangat peduli hebat dehh
    Smandaka skolah ku sayang skolah ku gemilang yeee....... Lop deh guru²nya baik dan tidak sombong ⭐⭐⭐⭐⭐ tapi sedihnya kami akan di pisahkan huhuhu sedih seandainya kurikulum merdeka bisa d lanjut sampai kls 12

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr wb, Hallo👋🏻 perkenalkan semua nya Saya Aisyah Indah Hidayat dari kelas X.1. Sebelum nya saya sangat berterima kasih kepada guru-guru yang telah membimbing kami dimasa² projek Kurikulum Merdeka ini, saya sangat bangga bisa masuk kesekolah ini karena SMA 2 KARIMUN merupakan SMA pertama yg menjalankan Kurikulum Merdeka. disini banyak sekali hal² yang saya pelajari dari projek tema 1,2 dan 3 mulai dari bagaimana cara kita bisa mengelola sampah dengan baik dan benar hingga menjadi suatu yang bermanfaat, mengetahui berbagai macam budaya² melayu yang bisa kita pelajari bahkan tempat bersejarah di Karimun ini, juga kita sebagai pelajar bisa mengetahui bagaimana menjalankan suatu usaha dari sejak dini yaitu tema 3 tentang Kewirausahaan.

    Sekian Terima Kasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  5. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya Yunita sihombing dari kelas x.2 sya salah satu siswi di SMA negeri 2 Karimun, sya bangga bersekolah di SMA negeri 2 Karimun ini…di sekolh ini pada pembelajaran P5 ini sya belajar bnyak tentang kebudayaan melayu termaksud yang ada di pulau Karimun ini dan kmi juga mempelajari bagaimana menjadi wirausahaan yang sukses dan baik,projek ini juga mengajarkan kami untuk saling support dukung mendukung dan bahu membahu.saya bangga menjadi murid SMA NEGERI 2 KARIMUN ini.

    SEKOLAH KU SAYANG
    SEKOLAH KU GEMILANG💪🏻💪🏻

    BalasHapus
  6. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya Yunita sihombing dari kelas x.2 sya salah satu siswi di SMA negeri 2 Karimun, sya bangga bersekolah di SMA negeri 2 Karimun ini…di sekolh ini pada pembelajaran P5 ini sya belajar bnyak tentang kebudayaan melayu termaksud yang ada di pulau Karimun ini dan kmi juga mempelajari bagaimana menjadi wirausahaan yang sukses dan baik,projek ini juga mengajarkan kami untuk saling support dukung mendukung dan bahu membahu.saya bangga menjadi murid SMA NEGERI 2 KARIMUN ini.

    SEKOLAH KU SAYANG
    SEKOLAH KU GEMILANG💪🏻💪🏻

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, halo nama saya Vioni Uswa dari kelas X.1 saya sangat senang dalam pembelajaran Kurikulum Mereka ini dikarenakan banyak hal-hal yang dapat melatih kita untuk mencoba sesuatu yang belum pernah kita lakukan dan mencoba menemukan hal hal baru seperti pada projek pertama kita mengolah sampah organik yang dibuat menjadi kompos dan sampah anorganik dibuat menjadi bunga hiasan dan sebagainya yang dapat menghasilkan uang, di projek kedua kita membahas kearifan lokal yaitu kita diajarkan bagaimana cara membuat tanjak dan melihat lihat cagar budaya yang ada di Karimun, dan pada projek ketiga kita diajarkan bagaimana cara untuk membuka usaha dan berwirausaha. Saya sangat senang dan bangga bersekolah di SMA Negeri 2 Karimun karena mendapatkan hal-hal baru dan bermanfaat.

    Sekian terimakasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  8. m rawii w
    kelas x.2 hadirrr buk

    BalasHapus

Silakan Beri Komentar