29 Apr 2024

Rapat Pengurus IPHI di Rumah Ketua IPHI


RAPAT Pengurus Harian IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun, Ahad (28/04/2024) pagi, ini terasa khas karena waktu dan tempatnya. Waktu rapatnya, kali ini masih dalam suasana Idul Fitri. Masih bulan Syawal. Tepatnya 19 Syawal 1445. Mungkin diantara peserta rapat masih ada yang berpuasa Syawal. Itu pertama.

Kedua, tempatnya, juga tidak seperti biasa, di Kantor Balai Pertemuan Haji, Tebing. Rapat ini dilaksanakan di rumah Ketua PD (Pengurus Daerah) IPHI Kabupaten Karimun, itu yakni di rumah H. Haris Fadhillah. Pengurus Harian yang diundang rapat berkumpul di rumah Pak Ketua itu.

Agenda rapat kali ini, 1) Rencana Manasik Haji Gladi Posko bagi jamaah haji tahun ini ditiadakan; 2) Keberangkatan jamaah haji dari Karimun ke embarkasi Hang Nadim, Batam; 3) Rencana pemotongan hewan kurban di kalang pengurus IPHI tahun 1445/ 2024; 4) Hal-hal lain yang dirasa perlu.

Tentang rencana manasik gladi posko yang merupakan program IPHI dan setiap tahun dilaksanakan, pada musim haji ini tidak dapat dilaksanakan karena sempitnya waktu. Dari para calon haji tahun ini pada umumnya mereka keberatan karena waktu yang tidak memungkinkan. Lalu masalah pengantaran jamaah ke Batam akan dikelola oleh Pemda Kabupaten Karimun melalui Bagian Kesra Setda Kabupaten Karimun. 

Terakhir masalah kurban, disepakati para pengurus yang akan ikut berkurban di IPHI agar segera melunasi biaya pembelian lembu/ sapi kurban. Setiap orang dikenakan Rp 3,6 juta untuk satu ekor lembu atau sapi. Sampai saat rapat rapat baru tercatat pengurus untuk satu ekor lembu dengan beberapa orang lainnya masih menunggu pengurus lainnya untuk mencukupkan tujuh orang untuk setiap lembi atau sapi.*** (M. Rasyid Nur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar