24 Des 2021

Guru-guru di YDM Lakukan Peningkatan Kapasitas


SEHARI setelah pembagian rapor semester ganjil para guru di sekolah-sekolah di bawah YDM (Yayasan Darul Mukmin) Kabupaten Karimun melaksanakan pelatihan dan pembinaan kemampuan guru, Jumat (24/12/2021) pagi hingga sore. Kegiatan dengan titel Peningkatan Kapasitas Guru, itu diikuti sebanyak 60-an guru dari TK, SD dan SMP IT serta guru TPQ/ DTA Darul Mukmin. Kegiatan dilaksanakan di Graha Azam, YDM

Penanggung jawab kegiatan, Noor Famayani yang sehari-hari memegang amanah sebagai Manajer SDM, Pendidikan dan Pengembangan Alquran YDM menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai usaha menambah kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan pengelolaan pembelajaran. Setelah kemarin Kamis (23/12/2021) serentak seluruh siswa menerima Buku Rapor Pendidikan Semester Ganjil dan besok (Sabtu, 25/12/2021) mulai libur sampai dengan Senin (2/1/2022) maka hari ini dilaksanakan kegiatan. Diharapkan para guru lebih siap menghadapi Semester Genap nanti. Begitu Bu Fama menjelaskan.
 
Kegiatan Peningkatan Kapasitas Guru diawali dengan seremoni pembukaan secara sederhana dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars JSIT. Lalu pembacaan ayat-ayat suci alquran dan doa dilanjutkan  dengan Ice Breaking dan Kata-kata Motivasi oleh Manajemen YDM. Pada acara ini para guru diingatkan untuk terus memupuk dan meningkatkan kapasitas sebagai seorang guru yang profesional. Intinya jangan berhenti belajar untuk terus menajdi guru yang profesional dan inspiratif.
 
Setelah istirahat (Copy Break) kurang lebih 15 menit acara dilanjutkan dengan penyampaian materi. Materi pertama bertopik Literasi dalam Profesionalisme Guru yang disampaikan oleh M. Rasyid Nur yang sehari-hari di YDM diamanahkan sebagai Direktur YDM. Selama kurang lebih 90 menit materi literasi disuguhkan. Setelah tanya-jawab (diskusi) kegiatan literasi ditutup dengan pemberian tugas kepada seluruh peserta pembinaan. Setiap guru ditugaskan membuat karya tulis dengan tema pendidikan, khususnya berkaitan dengan branding JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu). Sebagai guru-guru di sekolah-sekolah IT (Islam Terpadu) para guru diharapkan mampu memaparkan b randing JSIT sesuai pengetahuan dan pengalamannya.

Mataeri pertama ditutup sekitar pukul 11.15 dan dilanjutkan dengan Isoma (Istirahat, Solat, dan Makan) hingga pukul 13.15 untuk selenjutnya masuk kembali ke ruang kegiatan. Selanjutnya materi kedua dengan topik Komunikasi Produktif Penunjang Pengelolaan Pembelajaran dengan Narasumber Devi Mayasari, SPSi, MA, Psikolog, CHT, LMNLP, CC. Bu Devi mengisi materi hingga kurang lebih pukul 16. Lalu dilanjutkan dengan acara penutup.

Bagi guru-guru di YDM kegiatan ini sangatlah penting. Ada kesempatan untuk menambah wawasan, pengetahuan dan menyerap pengalaman narasumber serta sesama teman. Semoga saja kemampuan dan kompetensi guru juga semakin baik untuk menghadapi pembelajaran pada semester nanti.***

SHARE THIS

Author:

Sarjana Ekonomi yang sangat mencintai dunia Pendidikan, terus belajar menjadi guru yang berdedikasi tinggi.

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar