24 Des 2022

Peresmian Gedung Sekolah Yayasan Ibnu Arsyad Kepri oleh Gubernur Kepri


Catatan M. Rasyid Nur
BERTEMPAT di halaman gedung Yayasan Ibnu Arsyad Kepri, di Tanjungpinang, Kamis (22/12/2022) pagi telah dilaksanakan peresmian Gedung Sekolah Yayasan Ibnu Arsyad oleh Gubernur Kepri yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Budiharto. Hadir pada acara tersebut antara lain, perwakilan Forkopimda Provinsi Kepri, pejabat Pemkot Tanjungpinang atau yang mewakili, para tokoh masyarakat dan para pengelola lembaga pendidikan Islam yang ada di Tanjungpinang. Prosesi acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Tari Persembahan yang dibawakan oleh Sanggar Megat Tanjungpinang. Selanjutnya pembacaan Al-Qur'an oleh Muhammad Fino, diikuti Doa yang dipandu oleh KH. Bambang Maryono,  Ketua Umum MUI Prov Kepri.

Acara selanjutnya adalah pidato Sekapur0 Sirih oleh Pendiri dan Pembina Yayasan Ibnu Arsyad,  Dr. H. Muhammad Hasbi, MSi. Dalam sambutan Sekapur Sirihnya, pendiri yayasan yang sekaligus sebagai Ketua Pembina Yayasan menyatakan bahwa usaha mendirikan lembaga pendidikan sesungguhnya adalah tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan masyarakat. Meskipun tidak ringan dan tidak mudah namun jika diusahakan bersama insyaallah bisa. Demikian dikatakannya.

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa niat mendirikan lembaga pendidikan ini sudah ada sejak ia pindah dari Karimun ke Tanjungpinang tahun 2016 lalu. Sebagaimana sudah dilakukan di Karimun (mendirikan yayasan dan sekolah Darul Mukmin) Hasbi ingin membuat sekolah yang sama di Tanjungpinang. "Sejak tahun 2019 rencana pembangunan gedung ini sudah dimulai," katanya dalam pidatonya.   

Alasannya mendirikan sekolah Islam Terpadu adalah agar masyarakat mempunyai pilihan sekolah yang baik khususnya yang berbasis Islam. "Kita juga bisa membuat sekolah yang baik seperti di seberang sana jika kita mau melakukannya dengan baik," katanya. Katanya, lagi, masyarakat masih kekurangan sekolah terbaik seperti Sekolah Islam yang sudah ada di Tanjungpinang ini. Saya menilai sekolah seperti ini masih kurang. 

Hasbi juga yakin bahwa animo masyarakat masih cukup tinggi untuk menyekolahkan anaknya di sekolah Islam terpadu seperti ini. Untuk itu dia ingin terwujud kerja sama dengan sekolah yang sudah ada dan juga mohon bantuan Pemprov dan Pemko untuk pembangunan dan perkembangan sekolah ini.

Pengelolaan dengan baik sekolah-sekolah Islam ini sekaligus sebagai pembuktian tanggung jawab sekaligus sebagai syiar bahwa Islam bisa jika dikelola menjadi sekolah terbaik baik. Bukan hanya di seberang saja yang bisa asal kita mau mengelola dengan baik.


Gubernur Kepri yang diwakili Staf Ahli dalam sambutannya menyatakan rasa terima kasih kepada pendiri dan pengurus Yayasan Ibnu Arsyad yang membangun sekolah ini. Dengan akan beroperasinya sekolah Islam ini berarti bertambah alternatif dan pilihan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah Islam terpadu seperti ini. 

Pendidikan itu sangat penting dan kita semua perlu berkontribusi di dalamnya. Kita memang harus menyiapkan generasi terbaik untuk masa datang. Menurut gubernur peran masyarakat sangatlah penting dalam menyiapkan generasi yang akan datang  

Setelah peresmian, Staf Ahli melakukan peninjauan ke ruang kelas Sekolah Islam Terpadu Ibnu Arsyad. Dia menyaksikan langsung bahwa gedung ini sudah siap dengan kelengkapan untuk memulai operasional. Kita berharap semoga sekolah ini menjadi tumpuan harapan masyarakat mendidik putra-putri di sekolah Islam.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar