11 Mar 2023

STQH Kabupaten Karimun Resmi Dibuka Bupati


STQH (Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits) ke-15 Tingkat Kabupaten Karimun tahun 2023 hari Jumat (10/03/2023) pagi secara resmi dibuka oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos MSi di Aula Darunnadhwah, Masjid Agung Kabupaten Karimun. Pembukaan STQH dihadiri oleh Gubernur Kepri yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Kepri Bidang Kesra dan Pengembangan SDM, H. Mahadi Rahman, MPdI. Pejabat Kabupaten Karimun sendiri hadir antara lain Forkopimda Kabupaten Karimun, Wakil Bupati dan Sekda. Juga hadir Asisten 1,2,3 serta Sataf Ahli Bupati bersama Kepala OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Karimun.

Tampak hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Karimun, M. Yusuf Sirat, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, H. Jamzuri, Ketua-ketua Ormas Islam, Ka KUA serta para camat se-Kabupaten Karimun dan peserta STQH Kabupaten Karimun dan undangan lainnya. Aula Darunnadhwah tampak dipenuhi oleh para undangan yang mengikuti prosesi Pembukaan STQH Tingkat Kabupaten Karimun. 

Prosesi acara dimulai tepat pukul 09.38 WIB setelah bupati dan rombongan sampai di lokasi acara. Acara pertama adalah penampilan Tari Persembahan yang dibawakan oleh Sanggar Tari Gema Semenanjung Kantor Dinas Pendidikan Kabuaten Karimun setelah sebelumnya ada penampilan hadhrah dari Darul Furqon, Kundur. Berturut-turut acara berikutnya adalah menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Kabupaten Karimun dan Solawat Busyro. Lalu pembacaan ayat suci Alquran, oleh Zakiya dari  Qur'an Center. 

Pembacaan doa dipandu oleh Kakankemenag Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri dan dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia, H. M. Syamsul Arif. Pidato berikutnya adalah Sambutan Gubernur Kepri dan Pidato Pengarahan Bupati Karimun yang sekaligus membuka secara resmi acara STQH ini.

Pak Samsul Arif dalam laporannya menjelaskan bahwa dalam STQH ini tercatat sebanyak 133 orang peserta yang terdiri dari Cabang Tilawah dan Tahfiz akan tampil. Untuk cabang tilawah ada dua golongan, golongan Dewasa (putra/ putri) dan golongan Anak-anak. Sedangkan cabang tahfiz terdiri dari golongan 1 dan 5 juz tilawah serta golongan 20, 20 dan 30 juz. Tempat lomba ada di tiga lokasi, Darunnadhwah sendiri, Aula Kakankemenag dan Gedung Nilam Sari, katanya.

Sementara Staf Ahli Gubernur Kepri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemda Karimun yang telah melaksanakan STQH Tingkat Kabupaten sebagai persiapan untuk STQH Tingkat Provinsi Kepri nanti. "Kita perlu mempersiapkan anak-anak kita untuk STQH Nasional. Diharapkan dari lomba ini akan muncul para qori/ qoriah, hafizh/ hafizhah yang mampu sampai ke tingkat Provinsi lalu ke Nasional." Pak Mahadi juga mengapresiasi para peserta dari Kabupaten Karimun yang selama ini telah memberikan nama baik Provinsi Kepri di ajang MTQ/ STQ Tingkat Nasional. Pemda Provinsi yakin dengan kemampuan anak-anak dari Karimun. Demikian antara lain isi sambutannya.

Sementara Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq dalam sambutan pengarahannya mengawali dengan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk terlaksananya STQH ini. Dia mengharapkan pelaksanaan STQH ini berjalan dengan baik dan lancar. Lebih dari itu juga dia berharap akan munculnya para juara yang nanti akan bertanding di tingkat provinsi. "Kenetulan kita juga akan menjadi tuan rumah STQH Tingkat Provinsi tahun ini," katanya mengingatkan.

Pada pidato itu dia juga berharap pelaksanaan lomba ini bisa sukses, sukses pelaksanaan dan juga hasil. "Kita ingin sukses dalam pelaksanaannya dan skses juga dalam melahirkan juara-juara handal nantinya. Kita sudah membuktikan selama ini mampu menjadi juara umum di provinsi, sekarangpun kita harapkan kembali merebut Juara Umum." 

Hal penting yang diingatkannya juga adalah bahwa dalam meraih juara hendaklah dengan benar. Tidak boleh sampai merugikan apalagi menzolimi orang lain. Kita berlomba dengan benar sesuai ketentuan, sehingga menangnya juga karena memang lebih hebat dari pada peserta lain. Bukan karena cara-cara tidak baik seperti dengan curang. Demikian dia mengingatkan semua yang terlibat dalam STQH ini.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar