13 Jun 2023

Kwarcab Karimun Berikan Bantuan Operasional Kwarran


BERSEMPENA pelaksanaan Rakor (Rapat Koordinasi) Kwarcab (Kwartir Cabang) Pramuka Kabupaten Karimun bersama Kwarran (Kwartir Ranting) se-Kabupaten Karimun Ketua Kwarcab, H. Anwar Hasyim memberikan bantuan operasional Kwarran Pramuka se-Kabupaten Karimun. Rakor diadakan sebagai satu mekanisme organisasi untuk tahun 2023.

Adapun agenda Rakor Pengurus Kwarcab bersama Pengurus Kwarran se-Kabpaten Karimun tahun 2023 antara lain, 
1) Persiapan Kegiatan Muscab (Musyawarah Cabang ) ke-5 Kwarcab tahun 2023;
2) Persiapan Kegiatan Kemah Besar HUT (Hari Ulang Tahun) Gerakan Pramuka ke-62 Tahun 2023;
3) Pelantikan Pengurus Kwarran Tebing;
4) Pemberian bantuan dana operasional dan kegiatan Kwarran se-Kwarcab Karimun.

Ketua Kwarcab Karimun, Kak Anwar Hasyim yang membuka secara resmi Rakor Kwarcab, ini mengingatkan bahwa mengurus oragnisasi sosial seperrti pramuka memerlukan keikhlasan kita. Katanya, ini penting untuk disampaikan kembali. Tidak mudah jika tidak ada keseriusan dan keikhlasan dalam mengurus gerakan pramuka. 

"Dalam menjalankan organisasi seperti Pramuka harus tanamkan dan rasakan kebahagiaan di hati sebagai pengurus. Jika tak merasakan itu pasti kita malas menjadi pengurus. Perlu keikhlasan kita." Demikian antara lain pengarahan Kakwarcab saat memberikan pidato di awal Rakor. Ketua Kwarcab lebih jauh mengatakan bahwa rasa bahagia di hati itu penting agar kita mau mengurusnya. 

Hal lain yang disampaikannya, bagi pengurus Kwarran yang sudah habis masa jabatannya akan ditindaklanjuti sesuai aturan, misalnya dengan memberikan perpanjangan masa jabatan jika memang belum sempat melaksanakan Musran," jelas Kak Anwar Hasyim. 

"Tentang masa jabatan kepengurusan Kwarcab yang akan habis pada September 2023 akan segera ditindaklanjuti dengan akan melaksanakan Muscab ke-5 pada tahun ini," jelas Ketua Kwarcab. Seperti disampaikan oleh Sekretaris Kwarcab Kak Abdullah dalam pengantar awal, Kak Dul mengatakan Muscab dapat saja dilaksabakan tanpa harus menunggu bulan September sebagai akhir masa jabatan kepengurusan." 

Untuk itu, sebagai salah satu mekanisme pemilihan Ketua Kwarcab, setiap Kakwarran harus mengusulkan nama calon Kakwarcab paling lambat dua bulan sebelum Muscab dilaksanakan. Untuk hal ini peserta Rakor menyepakati bahwa pertengahan Juli 2023 ini adalah batas akhir Kwarran mengusulkan nama untuk calon Kakwarcab.

Perihal HUT Pramuka ke-62 tahun 2023 yang akan disejalankan dengan Kemah Besar Kwarcab sudah ditetapkan Kwarran Meral sebagai tuan rumah. Ketua Kwarcab mengulangingatkan agar Kwarran Meral mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi Kemah Besar yang rencananya akan dilaksanakan pada medio Agus tus 2023 nanti.*** (M. Rasyid Nur, Wakil Ketua Kwarcab)




SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar