5 Jul 2023

Pemda Karimun Menjemput JH Karimun


SUDAH menjadi kelaziman. Semacam kegiatan rutin. Setiap musim haji, para jamaah haji Kabupaten Karimun akan mendapat pelayanan keberangkatan dan kepulangan dari Pemda Kabupaten. Artinya, untuk beberapa keperluan para jamaah haji Pemda selalu memberikan atau memenuhinya. 

Pada saat keberangkan, misalnya para jamaah haji ini akan diantar dari Kabupaten Karimun ke Bandara Hang Nadim, Batam sebagai embarkasi Jamaah Haji (JH) Indonesia. Dan waktu kembali dari Tanah Suci mereka juga akan disambut dan dijemput ke Batam untuk dibawa ke Karimun. 

Jarak Karimun-Batam yang harus mengharungi laut dengan jarak tempuh perjalanan hampir dua jam jelas memerlukan biaya. Jika ikut transport reguler harus merogoh saku kurang-lebih 200-ribu rupiah. Itu baru sampai di Pelabuhan Sekupang. Dari Sekupang ke Bandara juga berbiaya yang tidak kurang 100-an ribu rupiah per orang. Tapi Pemda Karimun memberikan pelayanan ini secara khusus. Maksudnya, para jamaah Kabupaten Karimun tidak harus mengeluarkan biaya.

Hari Selasa (04/07/2023) kemarin adalah jadwal Jamaah Haji Kabupaten Karimun yang tergabung kedalam keloter satu gelombang pertma bersama jamaah dari Batam, Bintan dan Lingga kembali ke Tanah Air. Dijadwal akan mendarat sebelah sorenya. Maka panitia penjemputan Jamaah Haji yang dibentuk Pemda berangkat ke Batam untuk menyambut dan menjemput para jamaah untuk selanjutnya dibawa kembali ke Karimun.

Prosesi penerimaan di tingkat Provinsi Kepri setelah jamaah sampai di Asrama Haji malam menjelang pukul 19.00 dilaksanakan di aula Asrama Haji, Batam Center. Hadir para penjemput dari Pemda Kabupaten/ Kota masing-masing bersama pejabat provinsi. Tampak hadir Kakanwil Kemenag selaku Kepala Penyelenggara Haji Provinsi Kepri. Juga Pimpinan Tertinggi Provinsi yang diwakili Wakil Gubernur, Ibu Mrlin serta Asisten Satu, Pak Arif.

Pagi Rabu (05/07/2023) sekitar pukul 05.30 semua jamaah haji sudah berkumpul di aula untuk selanjutnya masuk bus. Para jamaah akan ke Pelabuhan Sekupang. Jamaah di Pulau Karimun akan berangkat menggunakan satu kapal sementara jamaah yang dari luar Pulau Karimun dengan kapal lainnya. Kedua kapal ini sepenuhnya disiapkan oleh Pmerintah Daerah. Dicarter untuk mengantarkan mereka ke daerah masing-masing. Selamat jalan dan selamat sampai ke tempat masing-masing.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar