27 Jul 2023

Pentingnya Moderasi Beragama


Catatan M. Rasyid Nur
BERTEMA "Dengan Moderasi Beragama Kita Tingkatkan Silaturrahim dan Persaudaraan untuk Menjaga Kamtibmas Menjelang Pemilu 2024 di Wilayah Kabupaten Karimun" Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karimun melaksanakan acara dialog dan silaturrahim antar umat beragama, Kamis (27/07/2023) ini. Bekerja sama dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karimun acara dilaksanakan di Meeting Room Hotel Aston Kabupaten Karimun.

Acara dialog dan silaturrahim bertitel "Forum Silaturrahim dan Dialog" Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda se-Kabupaten Karimun, itu diikuti 150-an orang. Peserta terdiri dari pimpinan Ormas Islam, OKP dan para tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Hadir saat pembukaan Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq yang sekaligus memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi. Pejabat lain yang tampak hadir adalah perwakilan dari Kapolres, Kakankemenag, Kakan Kesbangpol dan beberapa pejabat kabupaten lainnya.

Bupati Karimun saat menyampaikan sambutan dan pengarahan yang sekaligus membuka secara resmi mengatakan bahwa kegiatan silaturrahim seperti ini adalah penting, khususnya pada tahun politik menjekang Pemilu 2024 yang akan datang ini. Bagaimanapun potensi konflik dan perbedaan pandangan atas perbedaan pilihan akan menyebabkan terbukanya perselisihan diantara satu orang atau kelompok dengan lainnya. 

"Inilah perlunya kita berkumpul seperti ini, bersilaturrahim. Dengan saling bertemu, berdialog, kita dapat saling memperkuat silaturrahim diantara kita," kata orang nomor satu Kabupaten Karimun itu. "Saya berterima kasih kepada FKUB, Kesbangpol dan semua pihak yang telah menggelar acara ini pada waktu yang tepat," tambahnya. Bupati berkali-kali mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kebersamaan. 

Secara khusus bupati mengingatkan bahwa pembangunan akan lancar, tidak semata karena uang. Tapi dengan kebersamaanlah pembangunan akan berjalan dengan lancar. Kita jauhkan perbedaan yang dapat menjadi kendala pembangunan daerah kita. Uang akan lancar digunakan jika kebersamaan diantara semua masyarakat dapat terjaga dengan baik. Demikian antara lain bupati sampaikan dalam sambutannya.

Tampil tiga orang pemateri dalam acara yang berkahir menjelang tengah hari itu. Para pemateri sebagai narasumber, itu adalah Ketua FKUB, kapolres dan Kepala Kesbangpol. Dalam pemaparan ketiga narasumber pada hakikatnya mereka menekankan kepada pentingnya moderasi beragama untuk dapat terhindar dari sikap ekstrim dalam menjalankan agama. Sikap ekstrem sudah pasti akan menyebabkan orang dalam beragama menganggap hanya dirinya saja yang paling benar. Tanpa moderasi bergama akan hilang sikap toleransi seseorang dalam menjalankan agamanya. Itulah perlunya moderasi beragama. Begitu inti materi yang disampaikan narasumber.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar