5 Agu 2023

Gotong Royong Lintas Agama MUI Karimun di Pekuburan TPU Baran


KOMISI Kerukunan Umat Agama (KUB) MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Karimun hari Sabtu (05/08/2023) melaksanakan Gotong Royong Lintas Agama. Kegiatan ini adalah salah satu dari tiga kegiatan pada Komisi KUB MUI Kabupaten Karimun tahun 2023. Dua kegiatan lainnya adalah sosialisasi kerukunan umat beragama yang dilaksanakan di dua sekolah, Madrasah Aliyah Negeri Karimun dan Madrasah Aliyah Yaspika Karimun.

Gotong Royong Lintas Agama diikuti oleh para pengurus MUI Kabupaten Karimun, pengurus FKUB Kabupaten Karimun dan beberapa tokoh lintas agama. Termasuk para siswa dari SLTA yang ada di Pulau Karimun. Sasaran gotong-royong adalah TPU (Tempat Pemakaman Umum) Baran, Meral, Karimun.

Ketua Komisi KUB MUI Kabupaten Karimun yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Gotong Royong Lintas Agama, Tugiatno, MMPd pada pidato laporannya sebelum gotong royong dimulai mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program Komisi KUB dengan maksud terjalinnya hubungan harmonis antar umat beragama sekaligus terwujudnya Karimun yang bersih.

Lebih jauh Tugiatno menjelaskan bahwa program Karimun Bersih yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Karimun dapat terwujud jika semua pihak saling bersinergi dalam mewujudkannya. Dengan melibatkan semua komponen masyarakat, termasuk lintas agama yang ada di Kabupaten Karimun maka harapan harmonisasi hubungan antar umat beragama sekaligus terwujudnya Karimun yang bersaih dapat dibuktikan.

Ketua MUI, Drs. H. Afrizal yang diwakili oleh Wakil Ketua dalam sambutan pengarahan sebelum pembukaan secara resmi menyampaikan terima kasih kepada Komisi KUB yang melaksanakan program Gotong Royong Lintas Agama ini. Juga menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat dan berpartisipasi dalam Gotong Royong Lintas Agama ini. Khusus kepada para pemuda, siswa/siswi SLTA yang ikut dalam kegiatan gotong royong ini Ketua MUI mengatakan bahwa generasi muda adalah tulang punggung persatuan bangsa sekaligus andalan bangsa untuk mewujudkan cita-cita bangsa itu sendiri.

Pada Gotong Royong Lintas Agama, ini  MUI Kabupaten Karimun memberikan sumbangan berupa alat-alat gotong-royong seperti cangkul sapu, alat pengangkut sampah dan lainnya kepada Ketua RT yang berada di lokasi TPU Baran. Panitia juga menyediakan snack sarapan pagi berupa kacang hijau dan roti serta lainnya pada gotong royong ini.***
Catatan M. Rasyid Nur

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar