14 Agu 2023

Kakwarcab Peringati HUT Pramuka di Kwarran Belat


BERTEPATAN peringatan Hari Pramuka ke-62, Senin (14/08/2023) ini Kwartir Ranting (Kwarran) di Kwarcab (Kwartir Cabang) Kabupaten Karimun melaksanakan upacara bendera memperingati hari bersejarah kepanduan itu. Kwarran XII Kecamatan Belat, misalnya menghelat peringatan HUT Pramuka di halaman upacara SMP Negeri 1 Belat di Penarah. Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Ketua Kwarcab Kabupaten Karimun, H. Anwar Hasyim, M Si.

Kakwarcab yang juga adalah Wakil Bupati Karimun hadir di Kwarran Belat didampingi oleh beberapa orang pengurus Kwarcab, antara lain Wakil Ketua Kwarcab dan beberapa orang andalan lainnya. Setelah menyeberangi laut Karimun- Belat kurang-lebih 25 menit rombongan Kakwarcab sampai di pelabuhan Penarah. Menggunakan bus Pemerintah Kecamatan rombongan sampai di lokasi upacara dalam waktu tujuh menit.

Upacara pengibaran bendera Merah-Putih dalam rangka HUT Pramuka ke-62 berjalan lancar. Anggota pramuka yang berpangkalan di SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 6 Kundur di Penarah menjadi peserta upacara. Para guru dan Kepala Sekolah yang juga sebagai Kamabigus di pangkalan sekolah amsing-masing juga ikut dalam upacara. Ikut juga Kepala Desa dan beberapa pejabat kecamatan lainnya.

Kakwarcab dalam amanatnya, selain membacakan Amanat Kakwarnas juga memberikan pesan-pesan lain. Kakwarnas, Budi Waseso dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Kakwarcab, menyampaikan pidato dengan tema, Dengan Peringatan HUT Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional memberikan penekanan amanat pada perlunya menjaga persatuan dan kesatuan.

"Para pelatih dan pembina perlu terus meningkatkan kompetensinya agar dapat bekerja sesuai aturan. Profesionalitas dalam melaksanakan tugas akan ditentukan oleh kemampuan pelatih dan pembina itu sendiri." Kakwarnas berharap agar gerakan pramuka terus berbenah agar gerakan ini terus mampu melahirkan orang-orang profesional di bidang tugasnya.

Apel bendera diakhiri dengan penampilan beberapa atraksi dari anggota pramuka yang ada di Kwarran XII Belat. Selanjutnya berfoto bersama sebelum Kakwarcab meninjau tenda-tenda perkemahan pramuka di Kwarran Belat.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar