19 Sep 2023

Rapat Sepakat Peringatan Maulid Nabi Dihelat


MEMPERSIAPKAN peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw tahun 2023 (1445) pengurus Masjid Al-Ubudiyah, Wonosari melaksanakan rapat, Senin (18/09/2023). Rapat yang digelar di bagian sayap kanan ruang masjid langsung dipimpin oleh Ketua Pengurus Masjid, Sukemi dengan agenda rencana menghelat peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw tahun ini. 

Mengawali rapat, setelah menyampaikan penghormatan kepada sidang rapat, lalu mengajak menyatakan puja-puji kepada Allah dan solawat kepada Rasulullah, Mas Kemi (demiukian jamaah menyapanya) mengajukan pertanyaan, apakah tahun ini masjid akan melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Boleh jadi, pertanyaan ini penting diajukan ketua pengurus mengingat saat ini pengurus bersama masyarakat Wonosari sedang melaksanakan pembangunan amsjid, khususnya menyelesaikan pembangunan kubah yang tinggal membayar utangnya. "Apakah kita akan melaksanakan peringatan Maulid Nabi tahun ini?" Kembali Mas Kemi mengajukan pertanyaan itu.

Semua peserta rapat serentak menjawab 'perlu'. Artinya pengurus bersama masyarakat tetap harus menghelat peringatan hari peringatan agama itu. Maka dibahaslah bentuk kegiatannya, hari pelaksanaannya dan siapa guru atau penceramah yang akan diundang.

Setelah melalui pembahasan dan diskusi peserta rapat disepakati dalam peringatan nanti akan dilaksanakan beberapa kegiatan. Pertama, melaksanakan bacaan berzanji dan  syarakalan beberapa malam sebelum puncak acara di malam Maulid Nabi itu sendiri. Disepakati berzanji akan dimulai malam 25 dan 26 September ini. Selanjutnya pada malam 27 (Rabu malam Kamis) dilaksanakan Tabligh Akbar dengan penceramah dari luar kampung. 

"Kita harapkan Pak Sekda hadir malam itu dan membawa peneramah sekaligus," begitu usul salah seorang peserta rapat. Kehadiran Sekda diharapkan mengingat belyau pernah berjanji akan membantu pelunasan kubah masjid. Jika ada rezeki, semoga malam itu dia menyerahkan uang itu kepada pengurus sebagai perwakilan jamaah atau masyarakat.

Ada beberapa orang penceramah yang diusulkan malam ini. Namun disepakati akan disampaikan terlebih dahulu kepada Pak Sekda, apakah dia ada waktu malam itu dan apakah dia berkenan membawa penceramah. Kita harus menghubungi belyau untuk menyampaikan permintaan masyarakat ini. Rapat ditutup setelah Sekretaris Pengurus Masjid menyampaikan kesimpulan rapat.***



asdASA

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar